oleh

7 Zat Gizi yang Harus Terpenuhi Agar Tumbuh Kembang Optimal

Agar tumbuh kembangnya optimal, anak membutuhkan asupan gizi yang beragam. Mulai dari protein, karbohidrat, hingga berbagai vitamin. Dalam keseharian, pastikan anak mendapat 7 zat gizi sebagai berikut :

1. Protein 

Protein berfungsi membentuk sel, melawan infeksi, dan mengubah makanan menjadi energi. Protein dapat berupa hewani atau nabati. Makanan yang tinggi protein yaitu daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, buncis, dan produk susu.

2. Karbohidrat 

Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun lemak dan protein yang nantinya akan memperbaiki jaringan. Anak harus banyak mengonsumsi karbohidrat berupa pati dan serat lalu sebaiknya menghindari karbohidrat yang berkadar gula tinggi. Karbohidrat bisa didapat dari kentang, umbi-umbian, dan jagung. Kalau si kecil ingin makanan western juga bisa kok mengonsumsi sereal, roti, dan pasta.

3.  Lemak 

Sebagian orang mungkin menganggap lemak perlu dihindari karena akan menyebabkan kegemukan. Tapi, lemak tetap diperlukan oleh tubuh. Apalagi untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Lemak berguna sebagai sumber energi yang disimpan oleh tubuh. Tidak hanya itu, lemak juga diperlukan untuk melarutkan beberapa vitamin yang tidak larut dalam air. Lemak dapat diperoleh dari produk susu, minyak goreng, daging, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Kalsium 

Kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga punya fungsi lain seperti pembekuan darah ketika terjadi luka dan untuk kesehatan fungsi saraf, otot, dan jantung. Kalsium tidak hanya bisa didapat dari produk susu seperti yogurt, es krim, dan keju. Kuning telur, tahu, dan sayuran seperti brokoli dan bayam juga mengandung kalsium.

5.  Zat Besi 

Kekurangan zat besi dapat membuat tubuh lemas karena zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Bunda dapat memenuhi asupan zat besi anak dengan memberinya daging, hati, unggas, kerang, gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, dan sereal yang mengandung zat besi.

6. Serat

Serat berfungsi melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Serat banyak terdapat pada sayur, buah, gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Vitamin A dan C

Vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah infeksi. Vitamin A dapat ditemui di makanan seperti wortel, ubi jalar, labu, aprikot, bayam, brokoli, minyak ikan, kubis, dan kuning telur. Sementara vitamin C dapat mencegah flu, memperkuat pembuluh darah, membantu proses penyembuhan luka, juga membentuk tulang dan gigi yang kuat. Vitamin C bisa diperoleh dari jeruk, stroberi, kentang, melon, kubis, brokoli, kembang kol, bayam, pepaya, dan mangga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : haibunda dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed