oleh

Apa itu Palpitasi ?

Palpitasi merupakan kondisi ketika jantung berdegup kencang. Palpitasi juga dikenal dengan istilah jantung berdebar. Palpitasi bisa dirasakan siapa saja dan tidak berbahaya, namun anda perlu waspada pada kemungkinan penyakit lain yang lebih serius.

Penyebab

  1. Kondisi psikologis sepeti kecemasan, ketakutan, stres, depresi dan serangan panik dapat menyebabkan palpitasi.
  2. Gaya hidup yang buruk seperti merokok, olahraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat, mengonsumsi alkohol, kafein dan MSG berlebihan serta penyalahgunaan NAPZA.
  3. Obat-obatan yang dikonsumsi juga dapat memicu palpitasi seperti obat asma, antihipertensi, antibiotik, antidepresan dan obat diet.
  4. Kondisi kesehatan seperti dehidrasi, anemia, hipotensi, hipertiroid, penyakit jantung, kadar gula rendah, dan memiliki riwayat serangan atau operasi jantung.

Cara Mengatasi 

1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Ubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat, palpitasi yang disebabkan oleh gaya hidup dapat diatasi dengan memperbaiki kebiasan buruk. Jika anda merasakan palpitasi setelah mengonsumsi kafein maka anda harus mengurangi dan menghentikan konsumsi kafein.

2. Relaksasi

Jika palpitasi disebabkan oleh kondisi psikologi seperti stres, depresi, cemas maka anda bisa mengatasinya dengan teknik relaksasi.  Caranya bisa dengan duduk bersila, lalu perlahan ambil napas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut. Ulangi sampai berkali-kali sampai anda merasa tenang.

3. Hindari Stimulan

Palpitasi yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu maka konsumsi harus dihentikan. Segera konsultasikan dengan dokter agar obat dapat dikurangi dosisnya atau diatur kembali oleh dokter.

Jika anda tidak mengetahui penyebab palpitasi dan membuat anda resah dan tidak nyaman. Segera konsultasikan dengan dokter agar dapat diketahui penyebabnya. Jika anda mengalami palpitasi disertai sesak napas, nyeri dada, dan terasa berat segerah minta pertolongan medis terdekat agar segera ditangani.

Jika palpitasi yang anda alami disebabkan oleh masalah psikologis seperti depresi, stres, dan kecemasan segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed