oleh

Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Memiliki bibir yang lembab alami merupakan impian banyak orang khususnya wanita. Bibir kering dan pecah-pecah pasti sangat mengganggu penampilan. Beberapa penyebab bibir kering diantaranya udara dingin dan sering terkena sinar matahari. Bibir tidak memiliki melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga rentan terkena sunburn.

Penyebab Bibir Kering

  1. Bernapas Melalui Mulut, kurangi kebiasaan ini karena udara yang lewat saat bernapas dapat menghilangkan kelembapan bibir.
  2. Menjilat Bibir, jangan menjilat bibir agar bibir anda lembab hal ini justru akan membuat bibir jadi tambah kering.
  3. Enzim pada cairan ludah yang berfungsi memecah zat gizi makanan saat masuk ke mulut dan enzim ini melakukan hal sama pada bibir sehingga menyebabkan cepat kering, maka dari itu hindari kebiasaan untuk menggigit bibir.
  4. Kekurangan Gizi, bibir kering juga dapat disebabkan oleh tubuh yang kekurangan asupan folat (vitamin B9) dan riboflavin (vitamin B2) serta kekurangan cairan atau dehidrasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering?

Gunakan Lip Balm, cari produk lip balm yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan, seperti petroleum, lanolin, lilin lebah, dan ceramides yang bahannya bisa di dapat dengan mudah di apotek, toko kesehatan maupun secara online.

Pengobatan Alami, diantaranya dengan gel lidah buaya, minyak kelapa, madu, mentimun dan teh hijau. Bahan-bahan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah infeksi dan membantu melembabkan bibir.

Banyak Minum Air, dehidrasi dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering. Ketika tubuh mengalami dehidrasi dan menaril air dari area-area tertentu dapat menyebabkan kekeringan pada kulit termasuk bibir.

Gunakan balsem bibir dengan SPF 30 atau lebih sebelum pergi keluar. Hal ini penting untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

Hindari menjilat dan menggigit bibir, saat bibir terasa kering menjilat bibir mungkin menjadi solusi yang biasa dilakukan, tapi saat air liur menguap di bibir maka hal ini menjadikan bibir menjadi lebih kering.

Meletakkan Humidifier atau pelembab dirumah, hal ini sangat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, terutama saat bernapas melalui mulut di malam hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: tirtoid dan hallosehat dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed