oleh

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Alergi dingin yang dirasakan setiap orang pasti berbeda-beda dari tingkat ringan sampai parah. Beberapa ciri alergi idngi yang tergolong ringan diantaranya:

1. Kulit memerah disertai gatal setelah terpapar suhu dingin.

2. Pembengkakan pada permukaan kulit ketika menyentuh  benda dingin.

3. Pembengkakan pada mulut ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Sedangkan, ciri-ciri alergi dingin yang parah diantaranya:

1. Reaksi anafilaksis, yang mengakibatkan syok, tekanan darah turun mendadak, penyempitan saluran napas, denyut nadi melemah, mual, muntah dan pingsan.

2. Pembengkakan di lidah dan tenggorokan hingga menyebabkan sulit bernapas.

Bagaimana cara mengatasi alergi dingin ?

Sebenarnya, tidak ada pengobatan yang tepat untuk mengatasi alergi dingin. Akan tetapi ada beberapa cara

1. Membuat tubuh tetap hangat

Pastikan tubuh anda tetap hangat, saat memasuki cuaca dingin atau musim hujan pastikan selalu menggunakan jaket, sarung tangan, dan kaus kaki ketika keluar.

2. Menghindari pemicu alergi

Cuaca dingin merupakan pemicu utama alergi dingin. Tapi, berada di ruangan bersuhu dingin, berenang atau mandi juga dapat menimbulkan alergi. Segera matikan AC jika timbul alergi setelah terpapar, hindari pemicu alergi tersebut untuk sementara waktu.

3. Menggunakan obat antihistamin

Salah satu obat alergi dingin yang diresepkan dokter untuk mengatasi kulit gatal dan bengkak akibat biduran saat alergi dingin kambuh adalah antihistamin, seperti loratadine, cetrizine, dan desloratadine.

4. Menggunakan obat Omalizumab

Omalizumab adalah cara menghilangkan alergi dingin yang menimbulkan gatal dan bengkak melalui obat. Obat ini diresepkan jika tidak berhasil menggunakan obat antihistamin dan obat alergi lainnya. Umumnya, obat ini akan diresepkan dokter untuk mengobati alergi dingin yang sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

5. Suntikan epinefrin

Saat alergi dingin cenderung parah, mudah kambuh, menyebabkan syok anafilaksis dan beresiko fatal selalu siapkan suntikan epinefrin. Suntikan epinefrin adalah salah satu jenis obat sebagai cara menghilangkan alergi dingin yang digunakan untuk mencegah reaksi alergi yang berlebihan. Tapi pastikan sudah dapat izin dokter sebelum disuntikan dan dibawa kemana saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: sehatq dot com

 

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed