oleh

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Sebenarnya banyak hal yang bisa anak pelajari dari gadget. Namun, jika terlalu sering bermain gadget hingga lupa makan, lupa belajar, tidak bermain dengan teman sebayanya, bisa jadi anak anda kecanduan gadget Bun. Hal ini bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang dan kehidupan sosial anak. Berikut ini kami rangkumkan cara mengatasi anak kecandua gadget :

1. Batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak

Batasi anak bermain gadget selama 1-2 jam dan awasi anak saat bermain. Dalam menerapkan batasin ini orang tua harus bersikap tegas, jika sudah habis waktu bermainnya maka harus dikembalikan. Setelahnya simpan gadget di tempat yang tidak diketahui si kecil.

2. Tetapkan wilayah bebas gadget di rumah

Anda bisa menetapkan tempat-tempat bebas gadgetdi dalam rumah, seperti saat di ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur. Artinya ketika berada di dalam ruangan ini, siapa pun tidak boleh menggunakan gadget, termasuk ayah dan bunda.

3. Beritahu anak bahaya bermain gadget terlalu lama

Jelaskan pada si kecil dengan bahasa yang mudah bahwa bermain gadget terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti obesitas atau sakit mata.

4. Buat aktivitas menyenangkan bersama anak

Buatlah aktivitas baru agar si kecil teralihkan dari gadget. Bisa dengan mengajak bersepeda, lari pagi, masak bersama, menggambar, mewarnai, berkebun atau ajak anak bermain ke rumah temannya.

5. Jadilah contoh yang baik untuk anak

Jika orang tua masih sering bermain gadget di depan anak, maka si anak juga akan meniru kebiasan tersebut. Anak-anak kerap mengambil pelajaran dari lingkungan sekitar. Jadi, usahakan untuk tidak sibuk dengan gadget saat bermain dengan anak ya Bun.

 

Tips diatas bisa anda lakukan untuk membatasi penggunaan gadget bagi anak, namun perlu diingat untuk tidak memarahi atau meneriaki si kecil saat mengeyel karena bisa saja trauma dan mengganggu kesehatan mentalnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: alodokter

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed