oleh

Cara Mengatasi Badan Lemas dan Jantung Berdebar

Dalam kondisi medis, kondisi jantung berdebar-debar disertai rasa sesak di dada disebut dengan palpitasi jantung. Hal ini dapat terjadi kapan saja dan dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan maupun kondisi medis. Faktor lingkungan yang bisa menyebabkan jantung berdebar kencang adalah olahraga terlalu berat, cemas berlebihan, konsumsi kafein berlebihan, dan makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan MSG. Selain itu  jantung berdebar kencang juga bisa menandakan adanya masalah medis, contohnya penyakit tiroid, aritmia, atau bahkan gagal jantung.

Berikut beberapa cara mengatasi badan lemas dan jantung berdebar :

1. Latihan pernapasan 

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar mengatur napas, contohnya melalui meditasi, yoga, atau tai chi. Hal ini dapat membantu menenangkan otot-otot tubuh yang tegang, termasuk otot jantung. Caranya, duduk tenang sambil menutup mata, lalu letakkan satu tangan di perut. Tarik napas secara perlahan dan dalam melalui hidung, kemudian buang napas melalui mulut. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa lebih tenang.

2. Manuver vagal

Manuver vagal yang digunakan untuk memperlambat laju jantung dengan merangsang saraf vagal, yaitu bagian saraf yang membantu mengatur detak jantung. Hal ini bisa dilakukan dengan batuk untuk merangsang saraf vagal supaya detak jantung menjadi lebih lambat. Selain itu, Anda juga memercikkan air, menempelkan handuk dingin atau kantong es di wajah selama 20 sampai 30 detik.  Sensasi dingin dapat membantu menstimulasi saraf vagus dan mengembalikan irama jantung kembali normal.

3. Banyak minum air putih

Jantung yang berdetak cepat dan tiba-tiba bisa jadi salah satu pertanda bahwa Anda sedang dehidrasi, karena darah mengandung air sehingga ketika dehidrasi, darah menjadi lebih kental. Semakin kental darah akan membuat jantung bekerja ekstra untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, denyut nadi semakin cepat dan berpotensi menyebabkan jantung berdebar.

4. Jaga keseimbangan elektrolit 

Ketika jantung tiba-tiba berdebar, ini artinya sinyal listrik yang mengalir ke jantung sedang bermasalah. Sinyal listrik tersebut dipacu oleh kadar elektrolit dalam tubuh. Kalau tubuh Anda kekurangan elektrolit, maka detak jantung menjadi tidak beraturan dan cenderung lebih cepat.

5. Olahraga teratur 

Olahraga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, namun juga dapat memicu jantung berdebar pada sebagian orang. Pilihlah jenis olahraga yang ringan sesuai dengan kemampuan tubuh, misalnya jalan kaki, jogging, lari, bersepeda, atau renang.

6. Hindari penyebab jantung berdebar 

Hindari konsumsi obat pilek dan batuk, minuman berkafein, obat-obatan penyakit mental, obat hipertensi, alkohol dan merokok. Hal ini merupakan beberapa pemicu jantung berdebar, maka sebaiknya dihindari.

Jika jantung terus berdebar dan semakin buruk, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: hallosehat dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed