oleh

Cara Mengatasi Batu Empedu

Batu empedu atau cholelithiasis ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Kantung empedu merupakan organ berukuran kecil yang terletak dibawah organ hati. Batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu.

Penyakit ini bersifat ringan dan tidak membutuhkan penanganan dirumah sakit. Namun jika batu empedu menyumbat saluran empedu, maka perlu dilakukan penanganan segera agar tidak terjadi komplikasi.

Gejala Batu Empedu

Gejala batu empedu baru akan terasa ketika saluran empedu tersumbat akibat endapan batu empedu. Gejalanya adalah nyeri secara mendadak dibagian kanan atau tengah perut. Sakit perut juga bisa disertai dengan gejala lain seperti mual,hilang nafsu makan,urine berwarna gelap, dan diare.

Penyebab Batu empedu

Batu empedu terbentuk oleh endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi akibat cairan empedu yang tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang di hasilkan hati.

Faktor yang mempengaruhi seseorang terkena batu empedu antara lain :

  • faktor usia
  • jenis kelamin
  • keturunan
  • pola makan yang tidak sehat
  • diet yang terlalu ketat
  • kondisi medis tertentu

Pencegahan batu empedu

Batu empedu bisa dicegah dengan memperbaiki pola makan, jalani pola makan sehat dan seimbang. Konsumsi makanan tinggi serat, kurangi makanan bersantan,berminyak dan mengandung mentega.

Hindari konsumsi alkohol juga dapat mecegah timbulnya penyakit batu empedu. Berolahraga secara teratur, perbanyak konsumsi air minum.

Cara mengatasi batu empedu

Kolelitiasis atau batu empedu dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya :

1.ApelĀ 

Jus apel dapat melunakkan batu empedu. Minumlah jus apel 2 gelas perhari dan lakukan rutin selama dua minggu.

2. Jus Lemon dan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat memicu pengosongan kandung empedu, sedangkan asam sitrat pada lemon dapat mengurangi kadar kolestrol dalam empedu yang membantu melarutkan batu empedu. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir jus lemon dan setengah cangkir minyak zaitun, lalu minum dalam sekali tenggak. Konsumsi ini dapat menyebabkan mual dan diare setelahnya.

3.Teh Peppermint

Senyawa dalam peppermint dapat melarutkan batu empedu. Peppermint ini dapat merangsang aliran empedu. Caranya mudah, hanya dengan merendam daun pappermint dalam air panas, lalu minum dua kali dalam sehari untuk membantu mengeluarkan batu empedu.

4. Sereh dan madu

Sereh dan madu dipercaya mampu mengurangi penumpukan kolesterol pada kantung empedu. Caranya dengan merebus atau merendam sereh dengan air panas lalu tambahkan madu,minum air sari sereh dan madu 2 kali dalam sehari.

Segera periksakan diri ke dekoter jika mengalami gejala batu empedu yang disertai demam,menggigil,mata dan kulit berwarna kuning, atau sakit perut yang berlangsung terus menerus.

 

sumber : alodokter,merdeka dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed