oleh

Cara Mengatasi Bopeng

Bopeng merupakan luka bekas jerawat pada lapisan kulit bentuknya bisa cekung melengkung atau seperti lubang. Bopeng disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat sehingga lapisan kulit dalam mengalami kerusakan. Berikut beberapa cara mengatasi bopeng :

1. Chemical Peeling merupakan prosedur mengolesi wajah dengan larutan kimia untuk membuat kulit mengelupas sehingga jaringan parut berkurang. Bahan yang biasa digunakan oleh dokter kulit antara lain asam glikolat, asam salisilat, asam piruvat dan asam trikloroasetat.

2. Krim penghilang bekas jerawat. Anda bisa menggunakan krim dari dokter atau krim penghilang jerawat yang dijual bebas. Krim ini akan membantu melembabkan kulit dan mengurangi gejala gatal dan kemerahan. Selain itu anda juga bisa menggunkan masker yang memiliki kandungan sama seperti kandungan krim, seperti Centella asiatica. Centella asiatica merupakan tumbuhan herbal yang mengandung asiacoside, madecassoside dan asiatic. Senyawa ini akan membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

3. Dermabrasi merupakan menggosok lapisan kulit dengan kawat halus. Dokter akan menggunakan sejenis kawat kecil halus yang berputar untuk mengangkat lapisan kulit atas. Selama pemulihan kulit akan ditumbuhi lapisan baru yang lebih halus. Jadi, dermabrasi bertujuan untuk mengganti kulit yang rusak karena bopeng. Prosedur ini dilakukan dengan bius lokal atau umum tergantung pada ukuran bopeng dan hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

4. Laser resurfacing atau terapi laser memiliki acuan yang sama dengan dermabrasi atau chemical peeling yaitu untuk menghilangkan lapisan luar kulit dan mengencangkan lapisan tengah kulit. Hanya saja bedanya menggunakan media laser dan waktu penyembuhan pun lebih cepat daripada dua cara tersebut.

5. Dermal filler merupakan prosedur suntik wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya sama dengan kulit lain. Jadi, dermal filler bekerja dengan cara menambal bagian yang bolong menggunakan senyawa tertentu seperti asam hialuronat dan kalsium hidroksiapit. Meskipun metode ini terbilang cepat namun bisa menyebabkan risiko seperti iritasi kulit, infeksi dan reaksi alergi.

Selain beberapa cara diatas anda dapat mengatasi bopeng dengan cara-cara alami sebagai berikut :

  1. Pijat wajah
  2. Menjaga kelembapan kulit menggunkan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan lavender
  3. Menggunakan masker dari bahan alami seperti lidah buaya, kentang, madu atau mentimun
  4. Gunakan baking soda untuk membantu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : hallosehat dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed