oleh

CARA MENGATASI DARAH TINGGI ATAU HIPERTENSI

Darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah suatu gejala atau suatu kondisi dimana tekanan darah lebih dari atau sama dengan 130/80 mm Hg. Perli diwaspadai Hipertensi menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke.

Semakin sempit pembuluh darah , maka kadar tekanan darah semakin tinggi. Hipertensi akan sangat mengganggu penderita karena pusing yang menjalar di area kepala, leher ,hingga tengkuk yang terasa berat.

Hipertensi bisa diatasi dengan merubah pola hidup yang sehat dan olahraga rutin.

Berikut tips untuk menurunkan hipertensi secara alami dan mudah :

 

1. OLAHRAGA RUTIN

Olahraga rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sampai 5-8 mm Hg. Lakukan olahraga ringan secara konsisten dan teratur seperti jalan-jalan dipagi hari, berenang, hingga bersepeda.

Jika masih ragu untuk olahraga sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga rutin.

2.KURANGI KONSUMSI GARAM dan NATRIUM

Konsumsi natrium dan garam kurang dari 2.300 mg/hari. Dengan mengurangi konsumsi garam dan natrium penderita hipertensi dapat menurunkan kadar darah 5-6 mm Hg.

Sebelum makan upayakan membaca label kemasan, pilih makanan yang rendah sodium. Minimalkan konsumsi makanan pengawet yang banyak mengandung natrium.

3.KURANGI KONSUMSI KAFEIN

Kafein merupakan senyawa yang biasa ditemukan pada makanan tertentu. Beberapa makanan yang mengandung kafein secara alami adalah TEH, KOPI, dan COKLAT.

Selain itu kafein juga bisa terdapat pada minuman bersoda maupun pada minuman penambah energi.Kafein memicu tubuh mengeluarkan hormon adrenalin, yang mana dapat menaikkan tekanan darah.

4.KURANGI KONSUMSI GULA dan KARBOHIDRAT OLAHAN

Konsumsi gula(fruktosa) yang berlebihan pada penderita hipertensi dapat mengakibatkan hipertensi kronis.

Konsumsi gula lebih dari 74 gram perhari dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi 77 persen lebih tinggi, tekanan darah bisa di atas 160/110 mm Hg.Gula dapat menyebabkan risiko kardiovaskular secara keseluruhan melalui berbagai mekanisme.

Sementara diet rendah karbohidrat bisa menurunkan tekanan darah 4,5 sampai 5,9 mm Hg.Bagi kalian yang ingin menurunkan kadar tekanan darah sebaiknya kurangi asupan gula dan karbohidrat olahan.

5.KONSUMSI MAKANAN KAYA KALIUM

Kalium merupakan elektrolit untuk mengontrol cairan intra seluler. Suplemen kalium dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Makanan yang mengandung kalium diantaranya Edamame, ubi jalar, kentang,kacang, bayam.Sementara buah-buahan segar yang mengandung kadar kalium ada pada pisang, alpukat dan jeruk.

6.PASTIKAN ISTIRAHAT YANG CUKUP

Susah atau kurang tidur dapat mempengaruhi tekanan darah, sementara dengan tidur tekanan darah bisa menurun. Tidur kurang dari 7 jam per hari bisa mengakibatkan resiko hipertensi.

Bagi kalian penderita hipertensi pastikan untuk istirahat tidur yang cukup dimalam hari.

 

 

 

sumber :kompas dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed