oleh

Cara Mengatasi Flu

Flu adalah penyakit yang sering terjadi di Indonesia. Flu bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga lanjut usia, terebih saat musim pancaroba, resiko terkena penyakit flu meningkat drastis.

Flu seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal flu bisa menjadi penyakit yang serius pada ibu hamil, bayi, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Terserang Flu akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman sehingga akan mengganggu jalannya rutinitas harian, terlebih di masa pandemi covid-19, flu menjadi penyakit yang cukup ditakuti oleh sebagian besar masyarakat.

Sebagian orang memilih untuk pergi ke dokter saat terserang flu, atau mengkonsumsi obat-obatan kimia, padahal obat-obatan tersebut memiliki efek samping bagi tubuh, terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ada beberapa pengobatan alami yang lebih aman untuk mengobati Flu, Apa saja ? yuk simak ulasan berikut ini :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu meringankan flu. Air putih dapat membantu membersihkan tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Direkomendasikan untuk meminum air yang hangat.

2. Berkumur dengan Air Garam
Berkumur dapat membantu membersihkan mulut kita. Berkumur dengan air garam dapat mengurangi peradangan, membersihkan lendir, serta meringankan iritasi tenggorokan. Siapkan satu gelas air hangat ukuran sedang kemudian campur dengan setengah sendok teh air garam, aduk hingga rata kemudian gunakan untuk berkumur.

3. Istirahat yang Cukup
Keadaan tubuh yang lelah akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga virus dapat masuk ke tubuh kita dengan mudah, jadi pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Penuhi Kebutuhan Gizi dalam Tubuh
Tubuh juga memerlukan Gizi untuk menjaga kekebalannya, gizi dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan maupun daging pada hewan. Pastikan tubuh anda mendapatkan asupan gizi yang seimbang agar terhindar dari flu.

5. Olahraga Ringan
Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. pada saat flu melakukan olahraga ringan dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

6. Menghirup Aroma Minyak Kayu Putih/Balsem
Minyak kayu putih menjadi pereda flu yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, aroma minyak kayu putih dapat melegakan hidung dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

7. Mandi Air Hangat
Pada saat flu suhu tubuh harus lebih dijaga agar tetap hangat, gunakan air hangat untuk mandi dan pastikan untuk memakai baju hangat, anda juga bisa segera meminum minuman hangat setelah mandi untuk menjaga suhu tubuh.

8. Konsumsi Rempah-Rempah
Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, ternyata rempah-rempah juga bermanfaat untuk meredakan flu karena kandungannya dapat menghangatkan tubuh. Rempah-rempah yang bisa anda pakai untuk meredakan flu yaitu Jahe, sereh, kencur, dll.

 

Apabila terserang flu, tidak perlu buru-buru ke dokter, bisa gunakan tips-tips diatas untuk meredakan flu. Jaga kesehatan tubuh anda dan keluarga anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Salam Sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Referensi :
Astaga! dot com
halodoc dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed