oleh

Cara Mengatasi OCD dari Diri Sendiri

OCD atau obsesif kompulsif disoreder merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan tindakan berulang-ulang. Bila tidak dilakukan penderita OCD akan merasa cemas atau ketakutan. Tapi, sampai saat ini banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya memiliki gangguan OCD. Gangguan OCD memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Penanganan OCD yang berat harus menemui psikiater untuk menjalani psikoterapi dan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Tapi, untuk penderita OCD ringan masih disembuhkan dengan sendirinya. Berikut beberapa cara mengatasi OCD dari sendiri:

1.Ketahui Penyebab Rasa Cemas OCD

Untuk bisa mengatasi OCD, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui tanda-tanda awal menderita OCD. Pikirkan bagaimana hal itu bisa tejadi, baik pikiran maupun situasi yang membuat anda jadi merasa cemas dan khawatir berlebihan. Urutkan intensitas ketakutan atau kecemasan anda akan suatu hal, kemudian sikap kompulsif apa yang biasanya anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas itu.

2.Lawan Sifat Kompulsif dan Obsesif 

Jika sudah mengetahui penyebab kecemasan dan sifat kompulsif anda, cobalah untuk menghadapi rasa takut itu. Misalnya, kondisi kompulsif yang anda rasakan adalah kebutuhan untuk selalu mencuci tangan karena dipicu rasa takut akan bakteri dan kuman yang menempel di fasilitas umum. Cobalah hadapi rasa takut itu dengan tidak mencuci tangan lagi setelah memegang gagang pintu toilet umum. Dengan mencoba melawan ketakutan dan menghilangkan pikiran negatif yang menyebabkan sikap kompulsif, sedikit demi sedikit anda akan melupakan kebiasaan ini.

3.Tantang Pikiran Obsesif 

Jika anda selalu takut untuk memegang benda-benda fasilitas umum, karena takut bakteri dan kuman yang menempel tantanglah pikiran anda dengan kemungkinan-kemungkinan lain. Seperti Apa yang akan terjadi jika aku tidak cuci tangan ? apakah cuci tangan memang diperlukan ? apa aku bisa celaka jika tidak mencuci tangan ?

4. Cari Dukungan Sekitar

Seseorang yang menderita OCD sangat butuh dukungan orang sekitar, khususnya keluarga. Karena perasaan kesepian dan tidak berdaya akan membuat anda mengalami gangguan yang lebih parah. Anda juga bisa bergabung dalam kelompok penderita OCD, untuk saling sharing dan mendukung.

5.Kendalikan Stress

Hindari terlalu stress memikirkan gangguan yang anda alami. Semakin anda memikirkannya makan akan semakin besar kekhawatiran dan kecemasan anda akan sesuatu.

6.Jalani Hidup Sehat

Hidup sehat dan seimbang, sangat berperan penting dalam mengatasi OCD. Lakukanlah olahraga secara rutin, tidur yang cukup, dan jauhi pola hidup tidak sehat. Dengan rutin berolahraga dan tidur yang cukup, tubuh akan terasa lebih berenergi sehingga menajdikan pikiran lebih jernih.

7.Menjalani Terapi Kognitif Perilaku (CBT)

Terapi kognitif perilaku (CBT) merupakan bentuk terapi terbaik untuk penderita OCD. Terapi ini akan membatu penderita OCD mengatur pikirannya dan belajar jika tindakan yang dilakukannya hanya sebuah kecemasan.

 

 

 

 

 

sumber: parenting dot orami dot co dot id

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed