oleh

Cara Mengatasi Quarter Life Crisis

Quarter Life Crisis merupakan istilah untuk menggambarkan sebuah periode dalam hidup yang membuat anda sering merasa ragu, cemas, dan bingung dengan tujuan hidup. Kondisi ini akan membuat anda menyadari bahwa ada suatu hal yang harus diubah dalam hidup, namun anda tidak tahu bagaimana caranya. Kondisi ini wajar terjadi pada anda yang sudah menginjak usia antara 20-30an tahun. Untuk mengatasinya dibutuhkan banyak tahapan dan menjalani setiap prosesnya secara alami. Berikut beberapa cara mengatasi quarter life crisis:

Jangan membandingkan QLC anda dengan orang lain 

Quarter life crisis ditandai ketika anda sudah melakukan kerja keras, namun di akhir masih merasa tidak puas dan selalu merasa kecewa dengan diri sendiri. Sebagai generasi yang sudah terpapar media sosial, anda akan menggunakan waktu luang untuk melihat timeline media sosial, melihat kehidupan teman-teman yang kemudian bisa membuat anda membandingkan kehidupan sendiri dengan mereka. Ketahuilah bahwa segala hal yang  dilihat di media sosial belum tentu benar. Bisa jadi teman-teman anda juga sedang mengalami krisis yang sama, hanya saja mereka pandai menutupinya. Karena pada dasarnya, quarter life crisis yang terjadi pada setiap orang itu berbeda-beda.

Usahakan untuk tidak mengikuti standar dalam lingkup sosial anda

Jangan terlalu menuntut untuk memenuhi standar yang dibuat oleh masyarakat kebanyakan. Misalnya standar usia pernikahan, jumlah pendapatan, apa yang sudah harus dimiliki dan sebagainya. Usahakan untuk tidak menilai diri anda berdasarkan pencapaian orang lain.

Tentukan prioritas

Pastikan Anda tahu apa hal terpenting dalam hidup dan jadikan itu sebagai prioritas agar apa yang diinginkan dalam hidup semakin terlihat nyata.

Cari lingkungan atau suasana baru

Berada di tempat yang sama dalam waktu yang lama, dengan orang-orang yang sama, bisa membuat kita merasa tidak berkembang lebih jauh. Karena pada umumnya, lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap pola pikir dan membuat kita kesulitan menyadari masalah apa yang sedang kita hadapi saat ini.

Apa impian terbesar dalam hidup anda 

Pikirkan dan impikan segala hal yang anda inginkan, lalu setelah itu buatlah rencana untuk mewujudkannya. Dengan begitu, anda sudah mengantongi ‘guide’ untuk menjalani tujuan hidup yang baru.

Latih kesabaran dan biarkan mengalir apa adanya

Melakukan kesalahan itu wajar, jadi jangan terlalu berusaha mengontrol semua hal dalam hidup. Sesekali, biarkan semuanya berjalan apa adanya tanpa perlu dipercepat atau diperlambat. Karena pada dasarnya tidak ada yang instan, semua butuh proses. Jalani dengan sabar, tenang dan hati-hati.

Jangan biarkan orang lain menentukan  yang terbaik untuk anda

Kadang keraguan atau pertimbangan orang-orang tentang anda dilakukan karena mereka merasa khawatir. Namun kadang justru kekhawatiran itu juga yang bisa menghambat pergerakan untuk maju. Kadang apa yang mereka pikir bisa membuat kita bahagia, belum tentu benar. Jika ada orang yang meragukan anda, coba yakinkan mereka. Lakukan sesuatu sebagai bukti bahwa anda akan baik-baik saja. We can do it and we can handle it.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: kumparan dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed