oleh

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Dengan Obat Alami

Sakit pinggang kerap dialami oleh sebagian orang, terutama pada mereka pekerja keras atau pekerja berat. Namun tak hanya itu sakit punggang pun kerap dialami oleh wanita pra haid, saat haid atau bahkan setelah haid. Bahkan ibu hamil pun kerap mengeluhkan sakit pinggang apalagi jika kandungan sudah masuk pada trimester ke 3.

Penyebab sakit pinggang pada pekerja berat biasanya karena ligamen terkilir atau otot meregang terlalu berlebihan. Umumnya setelah mengangkat benda berat dengan posisi yang kurang tepat, cedera saat olah raga, atau otot yang terkilir secara tiba-tiba.

Sakit pinggang karena kerja berat bisa diatasi dengan berbagai cara, diantaranya dengan bahan-bahan alami. Berikut beberapa obat herbal untuk sakit pinggang karena kerja berat yang mudah dan ampuh :

1.Jahe

Jahe mengandung zat phytochemical yang dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical merupakan senyawa yang dapat membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat mengurangi nyeri sakit pinggang.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengiapkan jahe dan cuci hingga bersih, lalu diiris tipis-tipis, tambahkan alkohol 75% dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Campurkan semua bahan , fermentasikan selama kurang lebih 2 minggu. Lalu oleskan pada pingggang yang terasa nyeri.

2.Bawang Merah

Bawang merah mengandung komponen aktif yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti flavanoid,alkaloid,fenolik,steroid, dan zat tanin.

Cara pembuatannya cukup mudah, siapkan bawang merah, jahe merah, dan kurma cina, tambahkan air secukupnya. Rebus sampai air mendidih dan berkurang setengahnya. Lalu minum ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

3.Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat bermanfaat sebagai antiradang yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Namun penggunaannya harus sesuai dan tidak berlebihan.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan beberapa bahan yaitu , kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah dibersihkan. Rebus campuran bahan-bahan tadi  hingga mendidih. Diamkan hingga hangat , saring dan ramuan dapat diminum rutin saat pagi dan sore.

4. Daun sirsak

Gunakan daun sirsak yang sudah tua atau yang sudah berwarna hijau tua. Daun ini dipercaya mampu mengurangi nyeri pingggang. Kandungan daun sirsak antara lain karbohidrat, kalium , vitamin C, air , fosfor, kalsium dan lemak.

Ambil daun sirsak 20 lembar cuci bersih, tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Konsumsi air daun sirsak  ¾  gelas setiap hari.

5.Bawang Putih

Kandungan allicin aktif pada bawang putih menjadi komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dapat meredakan sakit pinggang karena bawang putih mengandung vitamin, kalsium,dan mineral.

Campurkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah, dan larutan alkohol 75% lalu rendam selama 2 minggu . Oleskan pada pinggang yang terasa nyeri.

 

Biasakan duduk dengan posisi yang benar serta tidur miring ke kanan agar sakit pinggang tidak bertambah parah. Jika sakit terus berlanjut dalam jangka waktu lama, segeralah berobat ke dokter setempat.

Resep diatas tidak disarankan untuk ibu hamil atau wanita yang mengalami sakit pinggang saat haid.

 

 

 

sumber :

detik health

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed