oleh

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Apakah anda memiliki ingatan yang buruk ? Banyak orang memiliki momen kelupaan setiap harinya, kadang hal ini bisa saja menimbulkan frustasi. Medical News Today merangkum, daya ingat akan berkurang jika seseorang menghadapi kesibukan, beban informasi berlebih, depresi atau cemas, menderita penyakit kronis dan usia lanjut.

Jika anda memiliki kesulitan dalam hal mengingat, anda bisa mencoba beberapa cara meningkatkan daya ingat otak sebagai berikut:

1.Mengurangi Konsumsi Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan memori yang buruk dan berkurangnya volume otak, terutama area otak yang menyimpan memori jangka pendek. Mengurangi konsumsi gula akan membantu daya ingat dan meningkatkan kesehatan tubuh anda.

2.Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Lemak ini penting untuk kesehatan dan terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stress dan cemas, dan memperlambat penurunan mental. Mengonsumsi ikan dan supleman minyak ikan juga dapat meningkatkan daya ingat terutama orang tua.

3. Meditasi

Melakukan meditadi dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh. Meditasi dapat menjadikan anda rileks, tenang, mengurangi stress dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya ingat. Meditasi telah terbukti dapat meningkatkan materi kelabu di otak, materi kelabu mengandung badan sel neuron, yang seiring usia bertambah materi kelabu akan menurun dan berdampak negatif pada memori dan kognisi.

4.Cukup Tidur

Tidur memberikan peran penting dalam konsolidasi memori, yaitu suatu proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi iangatan tahan lama. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan tidur akan berdampak negatif pada ingatan.

5.Melatih Otak

Melatih ketrampilan kognitif adalah salah satu cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat. Teka-teki silang, mengingat kata, tetris, dan permainan otak lainnya merupakan cara terbaik untuk melatih dan memperkuat memori.

6.Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah besar seperti sereal, kue, biskuit, nasi putih dapat melemahkan ingatan anda. Karbohidrat olahan memiliki indeks glikemik tinggi, tubuh mencerna karbohidrat ini dengan cepat dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

7.Konsumsi Makanan kaya Vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif dan risiko lebih besar terkena demensia. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D kurang dari 20 nanogram per ml dapat kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lebih cepat daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D normal.

 

Itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai cara meningkatkan daya ingat otak. Jika kesulitan mengingat menyebabkan anda menjadi khawatir, stress dan depresi, maka segeralah memeriksakan diri ke psikolog atau terapis terdekat. Kabar baiknya, kini kamu bisa membuat janji dengan terapis di https://hipnoterapi.biz . Jika terkendala jarak dan waktu, kamu juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh. Sehingga tetap mengutamakan menjaga protokol kesehatan selama pandemi. Praktis, bukan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: health kompas dot com

 

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed