oleh

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, serta sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Gejala 

  1. merasa haus dan pusing
  2. mulut dan kulit kering
  3. kelelahan
  4. jarang buang air kecil
  5. urine berwarna lebih gelap serta berbau lebih kuat
  6. mudah mengantuk dan cepat lelah
  7. sembelit 
  8. Denyut jantung cepat, namun lemah.
  9. Tekanan darah rendah.
  10. Kejang dan penurunan kesadaran
  11. mata tampak cekung

Sedang untuk bayi gejala awal yang bisa diperhatikan adalah ubun-ubun bayi akan cekung, tidak mengeluarkan air mata ketika menangis, popok tetap kering setelah beberapa jam, kurang aktif, rewel, dan mudah mengantuk.

Penyebab

Dehidrasi disebabkan oleh kekurangan asupan cairan dalam tubuh, atau tubuh lebih banyak kehilangan cairan daripada asupannya. Cairan yang ada di dalam tubuh bisa terbuang melalui urine, muntah-muntah, diare, keringat, dan air mata. Selain itu, cuaca, olahraga, dan makanan akan sangat memengaruhi tingkat keparahan dehidrasi. Selain itu terdapat beberapa faktor risiko seseorang terkena dehidrasi sebagai berikut :

  1. bayi dan anak-anak
  2. orang tua
  3. atlet
  4. orang yang berolahraga di tempat yang panas dan lembab
  5. orang yang tinggal, bekerja dan berolahraga di dataran tinggi
  6. mengalami diare atau muntah-muntah
  7. mengalami keluar keringat secara berlebihan
  8. menderita panyakit kronis jangka panjang
  9. kecanduan alkohol
  10. menderita penyakit tertentu

Cara Mengatasi 

Tujuan utama pengobatan dehidrasi adalah dengan mengganti cairan dan mineral yang hilang dengan cara minum banyak air atau jus buah yang encer. Metode terbaik dalam mengobati dehidrasi tergantung kepada usia penderita dan tingkat keparahan dehidrasi, serta penyebabnya.

  1. Oralit, meminum oralit bisa mengembalikan keseimbangan kadar zat tersebut di dalam tubuh.
  2. Dehidarasi pada bayi ibu dianjurkan untuk tetap melanjutkan memberikan ASI pada bayi ketika mereka mengalami diare, muntah-muntah, atau demam.
  3. Pada anak-anak dianjurkan untuk memberikan larutan oralit kepada anak-anak. Bisa menggunakan sendok untuk menyuapi cairan kepada anak-anak yang mengalami muntah-muntah atau mengalami diare.
  4. Untuk dehidrasi yang terjadi akibat olahraga, minuman berenergi yang mengandung elektrolit dan gula adalah pilihan terbaik. Hindari segala jenis minuman bersoda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed