oleh

Insomnia – Kekurangan Tidur dan Pola Tidur Tidak Berkualitas

Insomnia atau lebih dikenal dengan istilah susah atau gangguan tidur dimalam hari biasanya sangat mengganggu penderita nya. Pasalnya tidur adalah kebutuhan mendasar manusia yang harus dipenuhi setelah seharian bekerja. Penderita insomnia biasanya kekurangan waktu tidur atau mempunyai pola tidur yang tidak berkualitas.

Secara umum orang dewasa membutuhkan waktu ideal 7-8 jam / hari untuk tidur. Kekurangan tidur dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah maupun fertigo. Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari , maupun tidak bisa tidur walaupun tubuh dalam keadaan lelah.

Insomnia bisa di sebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • pola hidup, misal terbiasa menatap layar hp sebelum tidur juga bisa menjadi penyebab timbulnya insomnia.
  • letak ruangan/suasana kamar , suasana kamar yang tidak nyaman dapat memicu seseorang susah tidur seperti misal ruangan yang terlalu sempit atau pengap.
  • psikologis , kondisi psikologis seseorang bisa menjadi penyebab utama susah tidur terutama pada sesorang yang sedang banyak pikiran.
  • efek samping obat-obatan, ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan penggunanya mengalami gangguan tidur seperti Statin yang mana obat ini bisa menyebabkan nyeri otot sehingga mengganggu kemampuan tubuh untuk mengistirahatkan diri.

Disamping itu berikut beberapa cara untuk mengatasi insomnia, diantaranya :

  • Pola Hidup Sehat

pola hidup menjadi faktor utama pemicu insomnia, kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat, kafein maupun rokok dapat mengakibatkan resiko terserang gangguan tidur. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti kurangi merokok dan makan makanan yang kaya nutrisi.

  • Atur Jadwal Tidur

Untuk memudahkan tubuh beristirahat cobalah dengan mengatur jadwal tidur. Waktu tidur yang sering berubah-ubah juga bisa menjadi penyebab insomnia. Usahakan tidur dibawah jam 22.00 agar tubuh bisa istirahat dengan maksimal.

  • Konsumsi makanan bernutrisi

Hindari konsumsi makanan yang mengandung kafein sebelum tidur seperti kopi ,soda , ataupun coklat.  Selain kafein , alkohol juga dapat mengganggu kualitas tidur . Konsumsi susu hangat sebelum tidur ,susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

  • Olahraga

Insomnia dapat diatasi dengan melakukan aktifitas fisik ataupun olahraga secara rutin dan teratur. Rutin berolahraga dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu memberikan energi lebih dan menjaga peredaran darah pada tubuh, menurunkan berat badan hingga membuat tidur lebih berkualitas.

 

Jika insomnia sudah mulai mengganggu aktifitas fisik, segeralah pergi ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut.

sumber:halodoc

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed