oleh

Jantung Bocor

Jantung bocor sering tidak terdeteksi karena jarang menimbulkan tanda dan gejala khusus dan bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari. Jantung bocor dipakai untuk menyebut kelainan pada katup jantung dan adanya lubang pada sekat jantung.  Jantung manusia memiliki empat katup dan jaringan terdapat jaringan khusus yang berfungsi mengatur aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Tiap katup terdiri dari dua atau tiga kelopak yang bisa membuka dan menutup. Kelopak katup akan terbuka saat darah dipompa di antara ruang jantung atau dipompa ke organ lain melalui pembuluh darah, dan menutup untuk mencegah darah yang telah dipompa keluar untuk kembali ke jantung. Namun, ada saat katup jantung tidak tertutup dengan sempurna. Oleh karena itu aliran darah yang seharusnya sudah berpindah ke tempat lain justru kembali ke dalam jantung. Inilah yang disebut dengan katup jantung bocor atau regurgitasi katup jantung.

Gejala 

Jantung bocor  sering tidak menimbulkan gejala. Namun ada gejala yang mudah terlihat seprti nyeri dada, jantung berdebar atau palpitasi, sesak napas, merasa mudah lelah dan lemah, tidak mampu beraktivitas normal, pusing, pingsan, pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki dan perut.

Penyebab 

1. Kelainan genetik

Seorang anak yang terlahir dengan kelainan genetik sering kali memiliki kelainan jantung bawaan. Jika orangtua memiliki cacat jantung bawaan, bisa jadi anak akan mengidap kondisi kesehatan yang sama.

2. Merokok saat masa kehamilan

Ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok selama masa kehamilan juga dapat menyebabkan penyakit jantung bawaan bagi Si Kecil, salah satunya adalah jantung bocor.

Pengobatan 

Tujuan pengobatan jantung bocor adalah untuk meningkatkan fungsi dan kerja jantung. Pengobatan regurgitasi katup tergantung pada seberapa parah kondisi kebocoran, apakah ada tanda-tanda dan gejala yang jelas, dan apakah kondisi pasien semakin parah. Sedangkan untuk menyembuhkan regurgitasi katup, hanya bisa dengan operasi, yaitu dengan memperbaiki atau mengganti katup yang bermasalah. Penting bagi pasien dengan katup jantung bocor untuk rutin berolahraga (diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis dan intensitas olahraga yang sesuai), tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dan halodoc

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed