oleh

Keputihan Pada Wanita – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah masalah setiap wanita, keputihan biasanya berwarna putih seperti susu atau berwarna bening. Sebenarnya keputihan adalah hal yang wajar namun kondisi ini membuat wanita merasa tidak nyaman dan cemas apabila keputihan terjadi berulang kali.

Keputihan yang tidak normal biasanya ditandai dengan aroma yang berbau menyengat, cairan berwarna kuning/kemerahan atau disertai darah, menimbulkan gatal dan terasa nyeri ketika buang air kecil.

Penyebab 

Keputihan normal terjadi setidaknya 6 bulan sebelum wanita mengalami menstruasi pertama kali. Keputihan disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Keputihan juga keluar ketika wanita mengalami rangsangan seksual, sedang menyusui atau stres. Sementara keputihan tidak normal bisa disebabkan oleh vulvovaginitis, infeksi jamur/bakteri dan tanda kanker rahim/leher rahim.  Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi wanita rentan mengalami infeksi vagina dan keputihan, yaitu :

  1. mengonsumsi pil KB dan obat kortikosteroid
  2. diabetes
  3. melakukan hubungan seksual tanpa kondom/sering ganti pasangan
  4. sistem kekebalam tubuh menurun
  5. iritasi di dalam atau sekitar vagina
  6. dinding vagina menipis karena menopause
  7. terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air
  8. menggunakan sabun atau losion dengan parfum atau pewangi

Cara Mengatasi

Keputihan juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini :
1. Kunyit
Kunyit menjadi sahabat bagi perempuan karena kunyit memiliki banyak manfaat seperti meredakan nyeri haid, mengatasi keputihan, dll. Cara penggunaannya sangat mudah, anda cukup meminum air perasan kunyit  sebanyak 2 kali sehari, dikonsumsi secara rutin agar dapat mengatasi keputihan secara maksimal.

2. Bawang Putih
Selain sebagai penyedap ketika memasak, bawang putih juga memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan karena memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri, dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab keputihan yang tidak normal.

3. Daun Sambiloto
Anda bisa menggunakan daun sambiloto untuk mengatasi keputihan, cara penggunaannya cukup mudah, anda dapat merebus daun ini kemudian diminum air rebusannya.

4. Biji Fenugreek
Biji Fenugreek diperoleh dari tanaman bernama fenugreek atau biasa disebut klabet. Biji Fenugreek dapat membantu menstabilkan pH pada area kewanitaan. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, biji frenugreek diseduh dalam air hangat selama satu malam, kemudian disaring dan diminum airnya.

5. Daun Sirih
Daun sirih dikenal akan manfaatnya bagi wanita, anda bisa menggunakan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan, selain itu anda juga dapat mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin.

6. Cuka Apel
Kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel mampu membantu menghilangkan mikroorganisme berbahaya seperti jamur. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk berendam, caranya cukup mudah, campur setengah cangkir cuka apel dengan air hangat hingga bisa dipakai untuk berendam, gunakan larutan ini untuk berendam selama 20 menit.

7. Yogurt
Mengkonsumsi yogurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi keputihan. Bakteri baik didalam yogurt mampu menstabilkan bakteri jahat penyebab keputihan yang tidak wajar.

Anda dapat melakukan tips diatas untuk megatasi keputihan secara mandiri, apabila keputihan tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:
Liputan 6 dot com
Cnn Indonesia dot com

alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed