oleh

Manfaat Biji Alpukat

Buah alpukat banyak menyimpan lemak baik. Namun, itu baru dagingnya. Bagaimana dengan bijinya? Apakah biji alpukat memiliki manfaat yang sama dan aman untuk dikonsumsi? Biji alpukat memiliki cangkang keras. Ukurannya hampir sebesar 13-18% dari badan buahnya.

Banyak penelitian yang membuktikan biji alpukat mengandung asam lemak, serat makanan, karbohidrat, dan sejumlah kecil protein. Selain itu, biji alpukat dianggap sebagai sumber fitokimia. Beberapa di antaranya memiliki potensi antioksidan. Kemudian, karbohidrat yang dikandung biji alpukat terdiri dari 75% pati atau zat tepung. Berikut ini beberapa manfaat biji alpukat untuk kesehatan :

1. Menurunkan Kolesterol 

Manfaat biji alpukat yang pertama ialah menurunkan kolesterol. Biji alpukat yang sudah diproses menjadi tepung terbukti bisa mengurangi jumlah kolesterol pada hewan uji.

2. Mengobati Diabetes 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan hewan uji yang mengalami diabetes, biji alpukat terbukti sama efektif dengan obat antidiabetes.

3. Mengurangi Tekanan Darah 

ekstrak biji alpukat bisa merelaksasikan pembuluh darah, yang bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah dan penyakit jantung.

4. Antioksidan 

Satu studi menyebutkan, ekstrak biji alpukat memiliki banyak antioksidan yang kuat.

5. Antibakteri 

Biji alpukat terbukti ampuh menghentikan berkembangnya bakteri Clostridium sporogenes.

6. Antijamur

Biji alpukat berhasil menghambat pertumbuhan jamur. Terutama jamur Candida albicans, yang sering menyebabkan masalah pada usus.

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat 

Karena cangkangnya yang sangat keras, biasanya biji alpukat diproses di dalam oven selama dua jam dengan panas mencapai 121 derajat celcius.Ketika biji alpukat sudah kering, potong kecil-kecil, kemudian taruh di dalam blender dan haluskan hingga menjadi bubuk. Perlu diingat, memasukkan biji alpukat ke dalam oven bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Rasa dari biji alpukat ini juga pahit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : sehatqdotcom

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed