oleh

Manfaat Daun Pegagan

Daun pegagan atau centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Daun pegagan mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan, mulai dari mulai meningkatkan mood, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, mengatasi diare, hingga mengatasi masalah kulit. Daun pegagan mengandung berbagai zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antivirus serta memiliki sifat antiulcer (mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari).

Berikut beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit :

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun pegagan mengandung zat kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Zat ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka. Selain itu Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bedah setelah diberikan dalam bentuk dosis oral, membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi.

2. Sebagai Perawatan anti-aging

Centella asiatica dapat meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang menyokong jaringan kulit. Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Padahal, protein yang satu ini berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis. Tanpa kolagen yang cukup, kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan.

3. Memudarkan Stretch Mark

Kandungan triterpenoid yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh dapat membantu menyamarkan dan mencegah terbentuknya stretch mark baru. Caranya dengan mengoleskan krim dengan kandungan daun pegagan ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam. Jika daerah kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan, tandanya krim ini aman untuk digunakan di daerah kulit lainnya.

4. Membantu Pengobatan Masalah Kulit

Daun pegagan juga mengandung zat aktif seperti pentacyclic triterpenes, asiaticoside, asiatic acid. Zat-zat ini telah sejak lama terbukti membantu pemulihan kulit akibat psoriasis dan scleroderma. Centella asiatica merangsang pembelahan sel kulit sehat dan pembentukan jaringan yang menghubungkan sel-sel kulit. Berkat manfaat ini, kulit terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari, selulit, dan jaringan parut.

 

Aturan Pemakaian

Centella asiatica pada dasarnya dapat digunakan untuk semua jenis kulit dengan beberapa kriteria. Apabila Anda memiliki kulit berminyak, Anda perlu menghindari produk mengandung Centella asiatica berbentuk krim yang sifatnya berat untuk kulit. Sebagai gantinya, pilihlah serum, face mist, atau masker mengandung tanaman herbal ini.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa memakai Centella asiatica dalam bentuk pelembap atau serum. Pasalnya, kulit dapat menyerap kedua produk ini dengan lebih baik dibandingkan produk lain yang harus dibersihkan, misalnya masker.

Sementara bila kulit Anda sering tampak kemerahan atau mengalami breakout, ada baiknya menggunakan Centella asiatica dalam produk yang hanya dipakai sesekali. Gunakanlah produk seperti masker atau serum.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : hallosehat dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed