oleh

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi. Berikut beberapa manfaat sereh untuk kesehatan :

1. Mengatasi Gigi Berlubang

Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

2. Melawan Radikal Bebas

Dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

3. Mengontrol Tekanan Darah 

Manfaat sereh untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena dalam sereh terkandung mineral bernama kalium.

4. Meringankan Gejala Sindrom Premenstruasi

konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom premenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS).

5. Mengatur Fungsi Otot

Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam sereh bermanfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh juga berguna untuk menjaga tulang tetap kuat.

6. Mengatasi Kecemasan 

Minyak sereh juga bisa dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Namun, butuh diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya.

7. Menurunkan Berat Badan

teh sereh kerap digunakan untuk membantu penurun berat badan. Namun, jangan jadikan teh sereh sebagai satu-satunya penurun berat badan, karena dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebih.

8. Mengatasi Tubuh Kelelahan 

Air rebusan sereh yang digunakan untuk mandi dipercaya dapat memberikan efek baik bagi tubuh yang kelelahan.

Disarankan untuk mengonsumsi satu cangkir teh sereh saja setiap hari, atau tanyakan kepada dokter mengenai takaran yang disarankan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sereh dapat menimbulkan efek samping berupa pusing, mulut kering, kelelahan, hingga kelaparan.

Apabila Anda menggunakan minyak sereh sebagai minyak oles, jangan oleskan secara langsung ke kulit. Tetapi encerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa untuk meminimalkan terjadinya iritasi kulit. Jangan pula menghirup minyak sereh secara langsung tapi teteskan pada kain ataupun pada diffuser sebagai aromaterapi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed