oleh

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran segar. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi mampu menjaga daya tahan tubuh tetap prima dan sehat.

Vitamin C termasuk antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Vitamin C juga bermanfaat untuk memelihara dan memperbaiki tulang dan gigi , serta membantu tubuh memproduksi kolagen dan penyerapan zat besi.Vitamin C diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

Young woman running outdoors

Manfaat Vitamin C 

Dosis yang dibutuhkan setiap tubuh manusia mulai dari 75-90 mg vitamin C tiap harinya. Setiap orang baik anak-anak, dewasa, lansia, hingga ibu hamil harus tercukupi kebituhan Vitamin C tiap hari nya.

Vitamin C mengandung beragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan bahkan kecantikan kulit, diantaranya :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Vitamin C juga dapat mencegah flu dan batuk serta demam berdarah.
  2. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen dalam kulit yang bermanfaat mencegah penuaan dini, penyembuh luka, mencegah timbulnya keriput pada wajah dan menjaga keremajaan pada kulit.
  3. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan radikan bebas. Menghambat resiko penyakit kanker dan penyakit jantung.
  4. Selain Vitamin A ternyata Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, yang meliputi pencegahan penyakit katarak dan juga rabun serta tumor mata.
  5. Vitamin C ternyata dapat membantu ,erawat kesehatan tulang rawan, tulang , dan gigi. Selain itu juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan strok.

Tangkal Virus Corona, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Vitamin C Ini - Lifestyle Bisnis.com

Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

  • Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Satu buah jambu biji bisa mengandung 126 mg vitamin C. Buah ini juga mengandung antioksidan likopen yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Lemon

Kandungan Vitamin C pada lemon sekitar 83 mg beserta kulitnya, atau setara dengan 92% kebutuhan Vitamin C harian

  • Leci

Satu buah leci menyediakan sekitar 7 mg vitamin C atau sekitar 7.5% kebutuhan viatamin C harian . Tak hanya vitamin C leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat bagi otak, jantung dan pembuluh darah.

  • Kesemek

Kesemek adalah buah berwarna orange seperti tomat yang kaya akan nutrisi. Buah  kesemek bisa di konsumsi dalam keadaan segar, kering maupun dimasak. Kandungan Vitamin C dalam buah kesemek sekitar 7.5 mg atau sekitar 12.5% kebutuhan vitamin harian bagi tubuh.

  • Pepaya

145 gram pepaya bisa menyediakan 87 mg vitamin C atau setara dengan 97% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dapat dimanfaatkan untuk membantu daya ingat.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C pada satu buah jeruk sekitar 70 mg atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 78%. Ada beberapa jenis jeruk dan setiap jeruk mengandung kandungan vitamin C yang berbeda-beda.

  • Strowberry

Kandungan vitamin C pada stroberi lebih banyak dari jeruk. 147 gram buah stroberi mengandung sekitar 86 mg vitamin C. Tak hanya Vitamin C stroberi juga mengandung gizi lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

Dan tentunya masih banyak sekali manfaat dan kandungan vitamin C dalam buah selain yang disebutkan diatas. Penuhi kebutuhan asupan gizi dan vitamin dalam tubuh agar badan selalu sehat dan segar.

 

 

 

 

 

sumber : kompas dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed