oleh

Memar di Tubuh yang Tiba-tiba Muncul – Penyebab

MEMAR DI TUBUH

Pernahkah kalian menjumpai memar yang tiba-tiba muncul di salah satu bagian tubuh ? baik di tangan, siku, paha, lutut dan bagian tubuh lain. Mungkin anda akan bertanya-tanya apa penyebabnya, terbentur saat tidur atau tidak sengaja menyenggol sesuatu. Jika anda mengalami hal ini, jangan menyepelekan atau menganggap hal ini biasa. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat tubuhmu  menjadi memar meskipun anda tidak merasa terbentur sesuatu sebelumnya. Hal yang paling umum ini adalah tanda tubuhmu sedang kurang sehat. Oleh karena itu, jika menjumpainya sebaiknya anda mengambil waktu untuk istirahat.

Apa saja yang menyebabkan memar muncul secara tiba-tiba ?

Posisi tidur yang salah, selain faktor kurang sehat atau kelelahan, posisi tidur yang salah juga akan menyebabkan efek memar pada tubuh.

Tubuh kekurangan vitamin, memar biasanya terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah. Vitamin B12 dan folat dapat membentuk DNA sel darah merah, jika anda kekurangan vitamin jenis ini, tentu akan muncul memar dalam tubuh. Vitamin K juga penting dalam pembekuan darah, sehingga jika kekurangan kulit akan tampak memar atau membiru ketika ada pembuluh darah yang pecah. Ditambah dengan kekurangan vitamin C ternyata juga akan membuat tubuh mudah mengalami memar, karena kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lemah.

Faktor usia, semakin bertambah usia seseorang, maka akan semakin mungkin mengalami memar meskipun tidak terbentur sebelumnya. Hal ini dikarenakan kulit yang mengalami penuaan akan mengalami penipisan dan tampak lebih bening.

Gejala penyakut serius, tidak semua memar merupakan indikasi penyakit serius, tapi anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut jika terdapat ciri-ciri seperti dibawah ini:

  1. memar pada tubuh lebih sering dari biasanya
  2. memiliki riwayat pendarahan yang cukup parah
  3. memar muncul saat anda mengonsumsi obat-obatan tertentu
  4. memar disertai nyeri yang cukup parah dan membuat bagian tubuh bengkak
  5. memar tidak hilang setelah lebih dari dua minggu

Terdapat beberapa penyakit yang diduga mengalami gejala memar seperti gagal ginjal, penyakit tulang rapuh, penyakit akibat kekurangan protein. Jika anda mengalami ciri-ciri seperti diatas segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab memar agar dapat dilakukan pengobatan yang tepat. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan menyeluruh dan kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium jika diperlukan.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan jika menjumpai memar yang tiba-tiba muncul diantaranya:

  1. memberikan kompres es pada daerah memar
  2. istirahat yang cukup
  3. memenuhi kebutuhan gizi  dan cairan sehari-hari
  4. menjalani pola hidup sehat, seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan selalu berolahraga secara rutin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : halodoc, alodokter

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed