oleh

Migrain – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Migrain merupakan konsisi kepala yang sakit dan terasa berdenyut-denyut dengan intensitas sedang hingga berat. Pada beberapa orang, migrain dapat disertai dengan mual, muntah, sensitif terhadap suara dan cahaya. Migrain biasanya menyerang salah satu sisi kepala, terkadang migrain juga dapat menyerang 2 sisi kepala.

Penyebab 

Penyebab migrain sampai saat ini belum diketahui, namun pada penderita migrain ditemukan bahwa kadar zat kimia dalam otak atau serotonin mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan salah satu saraf dalam otak melepaskan zat menuju ke lapisan luar otak sehingga menimbulkan nyeri. Migrain juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya perubahan hormon pada wanita, pola makan dan minum, pemicu  dari lingkungan sekitar, faktor emosi, fisik dan kebiasaan serta efek samping obat-obatan.

Gejala 

Migrain biasa terjadi pada fase pubertas, gejala dapat berkembang dalam 4 tahap yaitu :

  1. tahap prodromal, gejala yang dirasakan suasana hati yang berubah-ubah, keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, leher kaku, sering menguap, konstipasi, sering haus dan sering buang air kecil.
  2. tahap aura, seperti gangguan penglihatan, verbal, sensorik dan motorik.
  3. tahap serangan sakit kepala, gejalanya berlangsung sekitar 4-72 jam, gejala yang timbul seperti sakit kepala pada kedua sisi, kepala berdenyut, pendangan kabur, pusing, mual dan muntah.
  4. tahap resolusi, gejala ini muncul pasca serangan meliputi perubahan suasana hati, sakit kepala ringan, kelelahan dan sensitif terhadap cahaya atau suara.

Mengalami migrain tentunya akan menghambat aktivitas harian kita, untuk mengatasinya, anda bisa melakukan tips dibawah ini :

1. Tidur dan relaksasi ditempat yang tenang dan gelap
Saat mengalami migrain, penderita bisa menjadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya. Pada saat mengalami migrain istirahatkan badan, dan tidur ditempat yang tenang dan gelap agar dapat mengurangi rasa sakit di kepala.

2.Kompres
Pada saat mengalami migrain, anda bisa mengompres bagian belakang leher atau bagian dahi. Anda bisa menggunakan air es atau air hangat untuk mengompres bagian ini.

3.Aroma Lavender
Aroma dari lavender akan membuat tubuh menjadi rileks dan tenang. Anda bisa menghirup aroma lavender selama 15 menit untuk membantu menurunkan rasa sakit di kepala.

4. Pola Makan
Menjaga pola makan yang baik dapat membantu menjaga kekbalan tubuh kita, ketika mengalami migrain coba perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, biji kacang-kacangan, atau makanan lain yang mengandung magnesium.

5.Air Mineral
Kekurangan air dalam tubuh dapat menjadi pemicu munculnya migrain, oleh karena itu cukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan rajin mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari.

6.  Meditasi atau Yoga
Saat mengalami migrain luangkan waktu untuk duduk melakukan meditasi atau yoga, berkonsentrasilah pada pernafasan, hal ini dapat membantu meringankan sakit kepala karena migrain.

7. Pijat
Memijat area dahi dapat membantu melancarkan aliran darah dan membuat tubuh merasa relaks, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada kepala.

Anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda sakit kepala untuk mengurangi rasa sakit. Apabila sakit menjadi semakin parah segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:
alodokter dot com
parenting dot orami dot co dot id

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed