oleh

Mimisan – Jangan Mendongakkan Kepala

Mimisan merupakan kondisi saat pembuluh darah di hidung pecah dan menimbulkan pendarahan. Usahakan jangan mendongakkan kepala, mendongakkan kepala ketika mimisan justru akan menyebabkan darah mengalir ke belakang tenggorokan dan masuk ke saluran cerna yang malah bisa mengiritasi saluran cerna, darah juga bisa tanpa sengaja masuk ke saluran napas. Jangan panik saat anda mendapati mimisan, coba beberapa cara mengatasi mimisan dengan cepat sebagai berikut :

1.Condongkan Tubuh ke Depan

Saat mimisan, usahakan duduk tegak, condongkan tubuh ke depan dan bernapas pelan-pelan dengan mulut. Dengan posisi ini, darah tidak akan kembali mengalir ke tenggorokan, sehingga tidak akan menyebabkan tersedak darah dan muntah.

2. Jangan Menyumpal Hidung

Banyak orang biasanya menyumpal hidung dengan kapas, tisu atau daun sirih untuk menghentikan mimisan. Hal itu juga keliru karena bisa memperparah pendarahan dan mengiritasi pembuluh darah. Cara yang benar mengatasi mimisan adalah dengan menampung darah yang keluar hidung dengan tisu atau lap basah.

3.Jepit Hidung Perlahan

Menjepit bagian hidung di bawah tulang hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama 10 menit juga dapat menghentikan mimisan pada hidung. Jangan lupa, untuk tetap bernapas dengan mulut saat hidung dalam posisi terjepit.

4.Kompres es

Tempelkan kompres es pada pangkal hidung untuk menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat pendarahan.

5.Gunakan Obat Semprot

Menyemprotkan obat jenis dekongestan ke sisi hidung yang berdarah juga merupakan salah satu cara mengatasi mimisan.  Perlu diingat, obat mimisan semprot ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lama.

Mimisan biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kondisi udara yang terlalu kering atau anda terlalu keras mengorek hisung. Namun selain itu mimisan juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

  • kelelahan
  • membuang ingus terlalu kencang
  • infeksi
  • sinusitis 
  • infeksi pada hidung
  • gangguan kesehatan seperti seperti hipertensi, gangguan pembekuan darah, atau sinusitis.

Setelah mimisan berhenti, hindari membungkuk, mengangkat benda berat dan menggosok hidung selama beberapa hari. Apabila setelah mencoba berbagai cara menghentikan mimisan di atas belum berhasil, maka segera periksakan ke dokter. Apalagi jika darah belum berhenti selama lebih dari 15  menit dan keluar cukup banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed