oleh

Penyakit Maag – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Maag bukanlah penyakit tetapi gejala dar gangguan lambung seperti GERD, infeksi lambung, radang lambung, gastritis, dan tukak lambung. Maag disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, merokok, konsumsi alkohol dan kopi, serta gangguan psikologis. Dalam istilah medis maag disebut dengan dispepsia.

Gejala yang umumnya terjadi :

  • rasa panas dan terbakar pada perut bagian atas
  • perut kembung, mual dan muntah
  • sering bersendawa dan kentut
  • cepat merasa kenyang
  • diare
  • kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan

Penyakit Maag bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor gaya hidup (konsumsi alkohol, kafein dan merokok), faktor gangguan pencernaan seperti GERD, gastritis, kanker lambung dan sebagainya, serta faktor efek samping konsumsi obat-obatan.

Cara mengatasi maag dengan obat medis

1. Antasida, merupakan obat untuk menetralkan asam lambung dan mencegah risiko iritasi pada lambung dan kerongkongan.

2. H2 receptor antagonist (H2RA), merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung.

3. Proton pum inhibitors (PPI), berfungsi untuk mengurangi produksi asam lambung sehingga bisa mengatasi maag dan nyeri ulu hati.

4. Antibiotik, digunakan untuk mengobati maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori pada lambung.

5. Prokinetik, membantu mengatasu maag dengan mempercepat proses pengosongan lambung.

6. Obat gastroprotektor, obat ini bekerja dengan melapisi dan melindungi dinding lambung dari iritasi. Selain untuk maag obat ini juga digunakan untuk mendukung proses pemulihan kerusakan lambung.

Cara mengatasi maag tanpa obat

1. Mengatur pola makan 

Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering dan tidak langsung berbaring setelah makan sangat disarankan untuk mengatasi maag. Hindari konsumsi makanan dan terlalu asam, seperti tomat dan jeruk, minuman bersoda, kafein, minuman beralkohol serta pemicu sakit maag lainnya.

2. Mengubah kebiasaan 

Beberapa kebiasaan baik yang dapat mencegah maag diantaranya, tidak merokok, tidak banyak minum bila sudah larut malam, rutin berolahraga, tidak mengenakan pakaian ketat yang menekan lambung, tidak mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan iritasi pada lambung.

3. Mengelola stres

Jika maag disebabkan karena stres dan masalah psikologis lain dokter akan menganjurkan untuk melakukan meditasi, latihan relaksasi, konseling dengan tetap memberikan obat-obatan untuk mengatasi maag.

 

Jika anda mengalami maag, segeralah untuk diobati dan konsultasikan dengan dokter agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi.

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed