oleh

Polio, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Polio merupakan penyakit syaraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada penderitanya. Polio disebabkan infeksi virus yang sangat mudah menular. Virus polio masuk kedalam tubuh melalui mulut, air atau makanan yang telah terkontaminasi dengan bahas feses dari orang yang terinfeksi penyakit polio.

Virus ini akan berkembang biak didalam usus dan diekskresikan melalui feses yang nantinya dapat menularkan virus ke yang lain. Pada umumnya polio menyerang anak-anak terutama mereka yang masih dibawah 5 tahun. satu dari 200 orang yang terinfeksi polio mengalami kelumpuhan ireversibel, biasanya di kaki. Dari penferita polio yang mengalami kelumpuhan 5-10% diantaranya meninggal dunia ketika oto-otot pernafasan mereka tidak dapat digerakkan.

Hingga saat ini belum ada obat untuk polio, namun polio masih bisa dicegah dengan vaksin. Gejala awal polio tidak terlalu spesifik sehingga banyak orang yang tidak sadar apabila telah terinfeksi virus ini, meskipun gejala sangat samar namun penderita tetap bisa menyebarkan virus ini ke orang lain. Gejala polio dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu polio nonparalisis (tidak menyebabkan kelumpuhan) dan polio paralisis (menyebabkan kelumpuhan). Pada polio nonparalisis gejala awal biasanya muncul 6-20 hari sejak terpapar virus polio dan bersifat ringan, gejala ini akan berlangsung selama 1-10 hari dan dapat menghilang dengan sendirinya, gejala yang dapat muncul yaitu :

  1. Demam
  2. Sakit Kepala
  3. Muntah
  4. Radang tenggorokan
  5. Kaku pada bagian leher dan punggung
  6. Otot terasa lemah
  7. Nyeri dan mati rasa pada bagian lengan atau tungkai

Pada polio paralisis memiliki gejala awal yang serupa dengan polio nonparalisis namun dalam jangka waktu 1 minggu akan muncul gejala berupa:

  1. Hilangnya refleks tubuh
  2. Otot menjadi tegang dan nyeri
  3. Tungkai atau lengan terasa lemah

Apabila ada gejala-gejala seperti yang dipaparkan diatas segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Untuk mencegah polio sebaiknya patuhi jadwal imunisasi anak, imunisasi polio diberikan 4 kali dalam 3 bulan pertama sejak anak lahir. Cegah polio, sehatkan anak-anak sekarang juga

 

 

 

 

 

 

Sumber:
infeksi emerging dot kemenkes dot go dot id
Alo dokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed