oleh

Sakit Gigi, Begini Cara Mengobatinya

Sakit gigi menjadi hal yang sering dialami oleh masyarakat. Selain merasakan sakit pada gigi, penderita biasanya juga mengalami gusi bengkak, pusing, hingga kehilangan nafsu makan.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu gigi berlubang, gigi sensitif, gigi retak, pertumbuhan gigi baru, bisa juga karena pertumbuhan gigi yang tidak normal.

Obat-obatan kimia menjadi alternatif sebagian orang ketika mengalami sakit gigi, namun sebelum anda menggunakan obat kimia, simak tips berikut ini untuk mengobati sakit gigi :

1. Berkumur Air Garam
Garam ternyata memiliki manfaat lain selain digunakan untuk memasak. Ambil segelar air kemudian campur dengan satu sendok garam, gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur kurang lebih selama 30 detik kemudian buang.

2. Es Batu
Selain dimanfaatkan sebagai pelengkap minuman, es batu juga bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, caranya cukup mudah hanya dengan melapisi es batu dengan kain atau handuk bersih kemudian gunakan untuk mengkompres bagian pipi yang dekat dengan gigi yang sakit, ulangi cara ini hingga anda merasa membaik.

3. Bawang
Selain dapat menyedapkan makanan, bawang merah dan bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi, Anda cukup mengunyah bawang atau menghaluskan bawang terlebih dahulu kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

4. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh mengandung bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri, sehingga minyak cengkeh dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil kapas kemudian tetesi dengan minyak cengkeh secukupnya, gigit menggunakan gigi yang sedang sakit. Anda juga bisa mencampur minyak cengkeh ini dengan minyak zaitun.

5. Cuka Apel
Ada 2 cara yang bisa anda pakai untuk mengobati sakit gigi dengan cuka apel. Pertama, gunakan cuka apel untuk berkumur, ambil segelas air kemudian tambahkan 1 sendok makan cuka apel, aduk hingga rata kemudian gunakan cairan ini untuk berkumur. Kedua, anda bisa menggunakan kapas yang ditetesi dengan cuka apel kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Daun Jambu Biji
Selain meredakan diare, daun jambu biji jugua bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, caranya dengan menumbuk daun jambu biji hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air, rebus hingga mendidih, tunggu hingga air menjadi dingin kemudian gunakan untuk berkumur.

7. Jahe
Kandungan antibiotik pada jahe mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Ambil beberapa ruas jahe kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan tumbukan jahe pada gigi yang sedang sakit.

Anda juga bisa membuat ramuan herbal untuk membantu mengatasi sakit gigi, anda hanya memerlukan 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan madu secukupnya. Cara membuatnya cukup mudah, anda cukup mencampur 2 bahan tersebut kemudian aduk hingga merata hingga menjadi seperti pasta, oleskan pasta ini pada bagian gigi atau gusi yang sakit, anda bisa mengoleskannya beberapa kali sesuai kebutuhan hingga gigi sembuh.

Jangan biarkan sakit gigi mengganggu aktivitas anda, gunakan beberapa tips diatas untuk meredakan sakit gigi. Selalu jaga kesehatan gigi anda dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

Sumber :
Alodokter dot com
Health dot detik dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed