oleh

Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom Kaki Gelisah merupakan penyakit akibat gangguan saraf yang ditandai dengan tidak nyaman pada kaki sehingga menimbulkan keinginan untuk mendorong dan menghentakkan kaki. Gangguan ini dapat memicu adanya gangguan tidur. Jika sebelumnya seseorang sudah memiliki riwayat gangguan tidur, sindrom kaki gelisah bisa memperparahnya.

Gejala 

  1. muncul rasa tidak nyaman, sakit, gatal, dan kram
  2. merasakan sensasi seperti serangga yang berjalan di kaki
  3. kualitas tidur menurun
  4. kesulitan duduk diam dalam waktu yang lama

Penyebab 

1. Kehamilan

Ibu hamil rentan mengalami sindrom kaki gelisah, terutama pada trimester ketiga. Meski begitu, sindrom pada ibu hamil biasanya akan menghilang beberapa saat setelah melahirkan.

2. Riwayat Penyakit

Sindrom ini disebut bisa menyerang pengidap gagal ginjal, diabetes, neuropati perifer, penyakit parkinson, serta kelainan saraf tulang belakang. Jika ini penyebabnya, sindrom kaki gelisah biasanya akan hilang jika penyakit tersebut diobati atau dikontrol.

3. Efek samping obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu sindrom kaki gelisah. Cari tahu apa jenis obat yang menjadi penyebabnya, lalu hentikan pengobatan. Jika obat yang memicu gangguan ini adalah resep dari dokter, coba tanyakan kemungkinan untuk mengganti dengan jenis obat lain.

4. Gaya hidup tidak sehat

Gangguan ini rentan menyerang orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih, aktif merokok, dan sering begadang. Maka dari itu, perubahan gaya hidup bisa menjadi salah satu cara mengatasi sindrom kaki gelisah. Terapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat, kurangi kafein dan alkohol, rutin berolahraga, dan berhenti merokok. Untuk meredakan gejala, kamu bisa mengompres kaki dengan air dingin dan air hangat secara bergantian atau berendam air hangat.

Rutin berolahraga juga bisa meredakan gejala sindrom kaki gelisah. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa membantu tubuh lebih mudah tidur di malam hari sehingga kualitas tidur bisa diperbaiki. Namun, sebaiknya ketahui batas diri dan tidak memaksakan saat berolahraga

 

Jika anda atau orang terdekat mengalami gangguan tidur, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : halodoc dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed