oleh

Tips Diet Sehat dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Ada banyak informasi yang sering kita dengar tentang cara dan tips menurunkan berat badan. Tapi, masalahnya apakah anda yakin program diet tersebut merupakan cara diet yang sehat, aman dan bisa dijalankan selamanya ? Padahal untuk menurunkan berat badan melalui program diet sehat dan aman adalah dengan menjalankan gaya hidup yang sesuai kebutuhan individu, yang tentu berbeda-beda. Maka dari itu mimin berikan tips diet sehat dan cepat menurunkan berat badan, berikut tipsnya :

1.Banyak mengonsumsi makanan kaya akan serat

makanan yang mengandung banyak serat dapat membuat perut merasa kenyangm sehingga membantu dalam usaha menurunkan berat badan. Serat dapat ditemukan dalam makanan seperti buah, sayuran, oat, roti gandum, nasi merah, pasta, kacang dan sebagainya. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat akan membantu mempertahankan berat badan dan menurunkan berat badan.

2.Mengurangi asupan gula dan karbohidrat

makanan manis yang mengandung gula dapat menjadi penyebab terjadinya kenaikan berat badan yang tidak sehat dan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Selain itu mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat bisa mengurangi kadar insulin, dengan demikian ginjal akan mengeluarkan kelebihan natrium dan air dari tubuh, hal itu menyebabkan kelebihan air yang tidak perlu dapat dibuang oleh tubuh. Jika sebelumnya pembentukan energi berasal dari pembakaran karbohidrat, tapi karena konsumsinya dikurangi maka kebutuhan energi didapatkan dari pembakaran lemak tubuh, dengan demikian lemak yang tersimpan dalam tubuh akan berkurang dan terjadi penurunan berat badan.

3. Makan dengan jadwal yang teratur

jadwal makanan yang teratur dapat mengurangi godaan untuk selalu ngemil makan terutama makan yang tinggi gula dan lemak. Terutama jadwal makan di siang hari, karena  bisa membantu membakar kalori lebih cepat.

4. Minum air putih sebelum makan

meminum air putih setengah jam sebelum makan meningkatkan penurunan berat badan sebesar 44% selama 3 bulan. Seseorang yang minum air putih sebanyak 500ml sebelum sarapan akan makan 13% lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum. Air putih dapat memuaskan dahaga sebelum makan tanpa meningkatkan asupan kalori dan kalori ekstra akan didapatkan ketikan anda mengonsumsi air putih.

5. Mengonsumsi makanan segar dan mengurangi makanan olahan

mengapa makanan olahan perlu dikurangi ? karena makanan olahan memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi, gula dan lemak tambahan, kandungan gizi rendah, dan banyak kandungan pengawet dan bahan kimia. Makanan olahan yang perlu dihindari seperti makanan siap saji, makanan dalam kemasan, makanan kemasan yang banyak mengandung gula, penyedap rasa , pemanis tekstur, pewarna dan pengawet. Jika makanan olahan ini bisa dihindari makan diet akan lebih sehat dan bernutrisi.

6.Rutin mengonsumsi teh dengan perasan air jeruk nipis

Untuk dapat menurunkan berat badan dengan sehat biasakan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mengonsumsi satu gelas teh yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis dan ditambah 1 sdm madu, dipercaya dapat menurunkan berat badan secara bertahap. Konsumsi setidaknya satu gelas setiap hari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang sehat.

Anda juga dapat mengkonsumsi miuman herbal untuk membantu menjaga berat badan, simak pada video berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : kompasiana dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed