oleh

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal di antaranya memiliki fungsi membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh. Apabila ginjal sampai rusak dan terjadi komplikasi, maka penderitanya bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, gangguan elektrolit, sampai malnutrisi. Kondisi ginjal yang kurang baik bisa membuat seseorang harus menjalani cuci darah atau hemodialisis sampai 3 kali seminggu. Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, mimin memiliki beberapa tip menjaga kesehatan ginjal :

1. Terapkan diet sehat dan seimbang

  • Obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) dan risiko diabetes yang merupakan dua penyebab utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa. Pola makan yang sehat dan seimbang diterapkan dengan beberapa tips berikut :
    Karbohidrat kompleks dengan proporsi 50-60 persen
  • Lemak dengan proporsi 25-35 persen
  • Protein dengan proporsi 15-25 persen
  • Pemenuhan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral

2. Batasi konsumsi gula

Para ahli meyarankan untuk mewaspadai asupan gulan karena menjadi penyebab utama diabetes dan obesitas, keduanya tidak baik untuk kesehatan ginjal. Pada anak usia dibawah 2 tahun sebaiknya tidak dulu diberikan tambahan gula dalam makanan atau minuman. Sedangkan, pada anak usia 2-18 tahun, konsumsi gula sebaiknya tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) per hari. Sementara, pada orang dewasa batas maksimal konsumsi gula adalah 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok per hari.

3. Batasi konsumsi garam

Asupan garam yang tinggi dapat memicu penyakit hipertensi di masa depan. Hipertensi merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa. Batas konsumsi garam yang baik adalah 5 gram per hari atau 1 sendok teh untuk orang dewasa. Untuk anak usia 6-12 bulan, garam yang diberikan harus lebih sedikit.

4. Perbanyak minum air putih 

Konsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter perhari akan membantu darah mengalir bebas ke ginjal dan seluruh tubuh.

5. Rutin berolahraga

Olahraga teratur sebanyak 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-60 menit per hari penting dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol diabetes, dan menurunkan berat badan yang baik untuk kesehatan ginjal.

6. Jangan sembarang konsumsi obat dan suplemen 

Terlalu banyak mengonsumsi obat dan suplemen tanpa pengawasan dokter dapat berbahaya  untuk fungsi ginjal. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika hendak mengonsumsi obat atau suplemen.

7. Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter 

Pemeriksaan kesehatan secara rutin berguna bagi siapa saja untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh dan mengantisipasi sejak dini jika ada risiko penyakit ginjal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : healthkompas dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed