oleh

Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal pada asam urat. Gangguan ini bisa terjadi di bagian sendi manapun, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki. Pada kondisi normal, asam urat yang ada dalam darah akan dikeluarkan melalui urine. Namun pada kondisi tertentu asam urat dalam tubuh akan meningkat berlebihan sehingga akan membentuk kristal. Kristal inilah yang kemudian akan memicu peradangan pada sendi dan menimbulkan gejala seperti nyeri atau bengkak.

Penyebab 

Asam urat disebabkan karena tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat dan fungsi ginjal dalam membuang asam urat tidak bekerja dengan baik, sehingga kada asam urat dalam darah terlalu tinggi. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, Terdapat beberapa faktor risiko seseorang terkena asam urat diantaranya :

  1. berjenis kelamin pria, umur 30-50 tahun
  2. sudah mengalami menopause
  3. memiliki keluarga dengan riwayat gangguan asam urat
  4. mengonsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan dan beberapa jenis hidangan laut
  5. mengonsumsi alkohol dan minuman tinggi gula
  6. menggunakan obat-obatan seperti diuretik, aspirin, ciclosporin dan obat kemoterapi
  7. obesitas 
  8. mengalami cedera
  9. baru saja melakukan operasi dan memiliki kondisi medis tertentu

Gejala 

Gejala umum asam urat adalah sebagai berikut :

  1. nyeri sendi tiba-tiba
  2. pembengkakan pada area sendi yang sakit
  3. kemerahan dan rasa hangat pada area sendi
  4. demam

Nyeri biasanya parah pada 4-12 jam pertama. Setelah itu nyeri akan berkurang, namun gejala akan tetap muncul hingga 10 hari. Gejala ini juga bisa mucul kembali dalam 6-12 bulan.

Cara Mengatasi

Pengobatan penyakit asam urat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi dengan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk meredakan gejala seperti obat antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid. Sementara untuk mencegah komplikasi dokter akan memberikan obat-obatan seperti allopurinol dan probenecid.

Gangguan asam urat dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol dan makanan yang dapat meningkatkan risiko asam urat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed