oleh

Kolesterol – Bagaimana Cara Menurunkannya secara Alami ?

Kolesterol tinggi dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk dan minimnya olahraga yang dilakukan.

Ada 2 jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu LDL dan HDL. HDL merupakan kolesterol baik yang dapat melarutkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh kita, sedangkan LDL adalah kolesterol jahat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Batas kolesterol normal berada pada rentang 160-200 mg, apabila kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi akan menyebabkan berbagai penyakit, dan menyumbat aliran darah didalam tubuh.

Di masa sekarang ini, banyak sekali hidangan lezat yang kurang sehat untuk tubuh, cara paling efektif menurunkan kolesterol adalah dengan menjaga asupan makanan dan olahraga secara teratur, selain itu ada beberapa tips yang dapat mendukung penurunan kadar kolesterol dalam tubuh, berikut ulasannya :

1. Air Jeruk Nipis
Jeruk Nipis menjadi bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya  cukup mudah, siapkan satu buah jeruk nipis, ambil airnya kemudian tambahkan segelas air hangat. Konsumsi 2 kali sehari saat pagi dan malam hari, untuk penderita maag silahkan diminum 1 menit setelah makan.

2.Konsumsi makanan tinggi serat dan Magnesium
Penyebab kolesterol tinggi adalah asupan makanan yang tidak terjaga, untuk itu pastikan tubuhmu mendapatkan asupan makanan bergizi dari buah-buahan, sayuran, maupun daging diantaranya yaitu Anggur, Jambu merah, Manggis, Apel, Pir, Brokoli, Alpukat, Pepaya, Salmon, dll.

3. Hindari Makanan Tinggi Lemak
Penderita kolesterol wajib mengkontrol asupan lemak yang masuk kedalam tubuh. Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak trans seperti gorengan, kerupuk, dan makanan cepat saji.

4. Batasi Asupan Gula
Gula yang berlebih tidak hanya menyebabkan diabetes saja, kelebihan gula dalam tubuh juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Batasi Asupan gula dengan mengurangi minuman manis, makanan olahan dan karbohidrat bertepung.

5.Olahraga
Olahraga menjadi hal mendasar dalam kesehatan manusia. Sayangnya masih banyak orang yang melewatkan aktivitas ini, penderita kolesterol tinggi sebaiknya melakukan olahraga rutin setidaknya 30 menit per hari. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat, anda bisa jalan kaki, jogging, atau senam.

6. Kurangi Stres
Stres menjadi penyebab berbagai penyakit, kelola stres dengan melakukan aktivitas positif atau melakukan hobi yang anda sukai.

7. Istirahat yang Cukup
Kurang tidur atau kelebihan tidur dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh, pastikan anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan anda

Pastikan tubuh anda mendapat asupan makanan yang baik, istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin agar terhindar dari kolesterol tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Referensi :
Liputan6 dot com
Kompas dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed