oleh

Bersihkan Usus Besar dengan Cara Ini

Usus besar merupakan salah satu organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Usus besar berfungsi membantu tubuh menyerap nutrisi ketika makanan bergerak melalui usus kecil sehingga membantu dalam mencerna makanan. Usus besar juga mampu menyeimbangkan PH dan elektrolit tubuh.

Menjaga kesehatan usus dapat melancarkan system pencernaan, dan mampu membantu mengobati masalah-masalah pencernaan seperti sembelit, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan energy, meningkatkan fungsi hati, membantu menurunkan berat badan serta menurunkan risiko kanker usus besar.

ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membersihkan usus besar, berikut ulasannya :

1. Air
Mengkonsumsi air yang cukup mampu melancarkan sistem pencernaan, air yang cukup juga mampu membantu usus besar membuang racun. Anda juga bisa menambahkan garam himalaya sebanyak 2 sendok teh kedalam satu gelas air dan diminum saat pagi hari sebelum sarapan.

2. Cuka Apel
Didalam cuka apel mengandung bakteri acetobacter yang membantu proses pencernaan. Cuka apel juga bersifat antioksidan dan antibiotik yang mampu menstimulasi pertumbuhan bakteri sehat didalam usus serta membersikan usus sekaligus. Anda cukup menambahkan 1 sendok makan cuka apel kedalam segelas air hangat kemudian tambahkan madu secukupnya, anda bisa mengkonsumsinya saat pagi hari.

3. Lemon atau jeruk nipis
Lemon kaya akan vitamin C yang membantu detoksifikasi serta mempercepat proses metabolisme tubuh. lemon juga mengandung asam sitrat yang membantu proses  pencernaan. Anda cukup mengkonsumsi air lemon saat pagi hari setelah sarapan.

4. Jus, Smoothie buah, dan sayuran mentah
Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat, nutrisi, phytochemical dan gula alami yang mampu membantu membersihkan usus besar

5. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan, nutrisi, enzim dan antioksidan yang terkandung didalam lidah buaya mampu membersihkan usus secara alami. Anda bisa membuat jus lidah buaya dan mengkonsumsinya seminggu 2-3 kali.

6. Teh hijau
Teh hijau mengandung katekin yang bersifat antioksidan sehingga mampu membantu membersihkan usus

7 . Pepaya
Pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk membantu membersihkan usus besar.

8. Pisang
Buah pisang mengandung antasid alami yang mampu membersihkan kotoran dan racun yang ada didalam usus. Pisang juga mengandung kalium dan mineral yang bisa meningkatkan sistem percernaan dan meningkatkan fungsi usus.

9. Semangka
Semangka mengandung potassiyn yang  mampu menjaga kesehatan usus besar. Semangka mampu mendetoksifikasi tubuh dan membuang racun yang ada didalam usus besar.

10. Apel
Apel yang berwaena hijau dan merah mengandung zat pektin didalamnya. Apel juga mengandung serat, antioksidan dan dan memiliki sifat menenangkan yang baik bagi usus.

11. Madu
Madu mengandung prebiotik yang merupakan makanan dari probiotik. Probiotik ini adalah bakteri baik yang terdapat dalam usus besar. Madu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bifidobacteria yaitu dalah satu probiotik yang menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Anda juga bisa membuat jus dari buah pepaya dan jeruk nipis, caranya cukup mudah, anda hanya membutuhkan 1/2 buah pepaya dan 1 buah jeruk nipis, cara membuatnya sangat mudah, anda hanya perlu memotong pepaya kemudian masukkan kedalam blender, setelah halus tambahkan perasan jeruk nipis dan madu, aduk hingga merata.

Sumber :
Health dot grid dot id
wat yu tink dot com
Resep dr Zaidul Akbar

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed