oleh

Cara Mengatasi Asam Urat

Asam urat terjadi akibat adanya peradangan pada sendi. Asam urat bisa memicu gejala yang muncul secara tiba-tiba, berupa rasa nyeri, serta pembengkakan pada sendi. Tingginya kadar asam urat yang berujung pada peradangan bisa dipicu oleh banyak hal. Naiknya kadar asam urat dalam tubuh seringnya terjadi karena konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, gangguan metabolisme dan pengaruh penyakit. Lalu bagaimana mengatasi asam urat secara alami ? Berikut tipsnya:

1. Buah dan sayur

Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol kadar asam urat adalah buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin C. Jenis buah yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar asam urat, di antaranya, jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka. Untuk sayuran, kamu bisa mencoba konsumsi bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

2. Jahe

ahe memiliki kandungan antiradang, sehingga bisa meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan minum air rebusannya atau membuat teh jahe.

3. Kunyit

Asam urat ternyata juga bisa diatasi dengan kunyit karena kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

4. Air Putih

Air putih bisa membantu membuang asam urat berlebih dari tubuh, salah satunya melalui urine. Dengan begitu, risiko penumpukan asam urat di dalam tubuh bisa dicegah.

 

Jika anda merasa asam urat semakin parah segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: halodoc dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed