oleh

Cara Mengatasi Biduran

Biduran terlihat sebagai bercak-bercak, ruam, dan bentol-bentol yang terasa gatal. Biasanya gejala biduran muncul secara tiba-tiba, kemudian memudar dengan sendirinya dalam waktu sekitar 24 jam, dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Tapi jika penderita merasakan gejala seperti pusing, bengkak di area mata atau mulut, sesak napas, dan lemas maka harus segera meminta pertolongan medis. Namun jika gatal yang dirasakan masih terasa ringan, anda dapat mengurangi gejala biduran dari rumah secara mandiri. Berikut beberapa cara mengatasi biduran :

1. Jauhi faktor pemicu biduran

Langkah pencegahan dan perawatan terpenting pada biduran adalah mengetahui faktor pemicunya, dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan faktor tersebut. Misalnya, jika biduran muncul setelah makan makanan tertentu, maka hindari mengonsumsi makanan tersebut.

2. Gunakan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin pada kulit dapat membantu meringankan iritasi dan meredakan rasa gatal. Anda dapat menggunakan sebongkah es yang dilapisi dengan handuk dan menempelkannya ke daerah yang terasa gatal selama 10-15 menit. Ulangi 4 kali dalam sehari.

3. Mandi dengan larutan anti gatal

Terdapat beberapa produk yang bisa Anda tambahkan ke bak mandi untuk membantu meredakan rasa gatal. Salah satunya adalah oatmeal (khusus dipasarkan sebagai produk oatmeal koloid untuk mandi) atau satu genggam soda kue.

4. Jaga suasana sejuk

Suhu yang panas dapat membuat rasa gatal semakin parah. Kenakan pakaian yang tipis dan longgar, serta berbahan nyaman dan dapat menyerap keringat. Jaga suhu udara di dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman.

5. Mengonsumsi atau mengoleskan obat 

Anda dapat mencoba menggunakan obat-obat antigatal yang dijual bebas, seperti obat golongan antihistamin dan losion kalamin. Untuk biduran yang sangat luas dan sering kambuh, mungkin diperlukan obat resep dokter, seperti kortikosteroid dan obat penekan sistem kekebalan tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: alodokter dot com

 

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed