oleh

Cara Mengatasi Dengkuran Secara Alami

Kebiasaan ngorok saat tidur kerap membuat Anda kurang nyaman karena takut mengganggu orang di sekitar. Akan tetapi, keluhan ngorok yang sering terjadi perlu diwaspadai. Tak hanya dapat mengganggu tidur Anda atau orang di sekitar, sering mengorok saat tidur bisa menjadi gejala kondisi medis tertentu yang tidak bisa diremehkan.

Penyebab Ngorok

Ketika Anda mulai terlelap tidur, otot di langit-langit mulut, lidah, dan tenggorokan akan melemah sehingga menghalangi sebagian saluran pernapasan. Terhalangnya saluran pernapasan akan menyebabkan getaran dan menimbulkan suara dengkuran. Semakin menyempit saluran pernapasan, semakin kuat pula suara dengkuran yang muncul. Selain itu mengorok juga bisa disebabkan kondisi penyakit tertentu seperti :

  • Apnea tidur atau sleep apnea
  • Saluran pernapasan tersumbat karena alergi atau pembesaran amandel
  • Pembengkakan dan peradangan di rongga sinus (sinusitis)
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Kelainan bentuk wajah dan hidung, misalnya deviasi septum
  • Konsumsi minuman beralkohol dan merokok
  • Penyakit gondok dan kehamilan

Berikut beberapa cara mengatasi ngorok :

1. Mengubah Posisi Tidur 

Anda disarankan untuk tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan atau ke kiri. Hal ini karena posisi tidur telentang dapat menyebabkan pangkal lidah menjadi lebih condong ke belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menimbulkan suara dengkuran.

2. Mencukupi Waktu Istirahat 

Kelelahan atau kurang tidur dapat membuat seseorang lebih sering mengorok. Oleh karena itu, Anda perlu cukup beristirahat untuk mencegah dan mengatasi keluhan ngorok. Waktu tidur yang direkomendasikan adalah sekitar 7–8 jam setiap malam.

3. Menjaga Berat Badan Ideal 

Menjaga berat badan tetap ideal bisa mencegah penebalan jaringan tenggorokan dan penyempitan saluran tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga berat badan Anda agar tetap ideal dengan rutin berolahraga dan menjalani diet sehat.

4. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur dan Kamar 

Hidung dan tenggorokan bisa mengalami pembengkakan akibat alergi, misalnya alergi terhadap debu atau asap rokok. Kondisi ini bisa membuat Anda lebih sering ngorok. Oleh karena itu, cobalah untuk menjauhi faktor pencetus alergi tersebut dengan menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur Anda.

5. Membersihkan Diri atau Mandi dengan Air Hangat

Bila dengkuran disebabkan oleh penyakit sinusitis, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini dapat membuka saluran pernapasan sehingga mengurangi ngorok. Selain mandi air hangat, Anda juga bisa mencoba menghirup uap hangat selama beberapa menit sebelum tidur untuk meringankan keluhan ngorok.

6. Mencukupi Asupan  Cairan Tubuh 

Kekurangan cairan bisa menyebabkan lendir pada hidung menjadi lebih lengket. Terkadang, kurang minum air putih juga bisa membuat Anda menjadi mudah ngorok saat tidur. Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

7. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iritasi akibat asap rokok dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan peradangan tenggorokan, sehingga dapat memicu Anda mendengkur saat tidur. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga membuat otot lidah dan tenggorokan menjadi lemah, sehingga menimbulkan suara dengkuran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed