oleh

Cara Mengatasi Dismenore Secara Alami

Dismenore merupakan kondisi medis yang terjadi sewaktu haid atau menstruasi yang dapat mengganggu aktifitas dan memerlukan penanganan. Dismenore ditandai dengan nyeri atau rasa sakit di daerah perut dan pinggul, bersifat kram dan berpusat pada perut bawah. Untuk mengurangi rasa sakit dismenore dapat menggunakan obat-obatan golongan analgetik seperti aspirin, asam mefanamat, parasetamol, kofein, feminax dan sebagainya. Sebagian besar perempuan yang sedang mengalami dismenore menggunakan obat merek dagang yang berfungsi sebagai analgetik, tapi terdapat efek samping secara umum seperti gangguan pada saluran cerna seperti mual, muntah, diare, dan gejala iritasi lain terhadap muksosa lambung, serta nyeri pada kepala.

Lalu, bagaimana cara mengatasi dismenore secara alami ? berikut caranya :

1.Menggunakan kompres hangat pada perut atau mandi air hangat

menerapkan panas ke area perut dapat mengurangi nyeri. Caranya bisa dengan mengisi air hangat dalam botol atau dengan bantal pemanas yang kemudian ditempelkan ke perut. Panas yang dihantarkan ke perut dapat meredakan kram, mengendurkan otot, dan membantu otot rahim serta organ sekitarnya rileks. Cara lainnya bisa dengan berendam air hangat, cara ini juga bisa membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri.

2. Olahraga ringan

peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga dapat melepaskan hormon endorfin, dimana endorfin merupakan hormon penghilang rasa sakit alami. Jadi, olahraga ringan sangat dianjurkan saat nyeri haid karena mampu mengatasi dismenore secara alami

3. Pijatan ringan

pijatan ringan dan lembut di area atas perut juga dapat merilekskan otot-otot panggul dan mengurangi kram sehingga bisa mengurangi nyeri.

4. Mengonsumi makanan bergizi

mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega3, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacang, protein tanpa lemak atau makanan kaya akan magnesium dan vitamin E dapat membantu mengurangi kram saat dismenore. Selain itu banyak minum air putih, kuah dari sup atau teh herbal juga dapat membantu mengurangi kram.

5. Teh herbal dan Aroma terapi

meminum teh herbal seperti teh jahe bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang serta menghilangkan nyeri haid. Selain itu menggosokkan minyak aromaterapi seperti mawar, lavender, cengkeh dan kayu manis juga dapatĀ  meredakan kram dan mengurangi nyeri.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed