oleh

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Gigi kuning memang dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Gigi mempunyai pori-pori seperti kulit manusia, tetapi tidak dapat terlihat oleh mata. Zat warna dari makanan, minuman, atau asap rokok akan menyerap ke permukaan gigi melalui pori-pori dan menghasilkan warna kekuningan dengan tingkat yang berbeda-beda pada tiap orang.

Penyebab Gigi Kuning

Penyebab dari dalam : paparan fluoride berlebihan sejak kecil, penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, dan trauma karena terjatuh atau benturan gigi pada masa pertumbuhan.

Penyebab dari luar :  konsumsi kopi, alkohol, dan minuman bersoda secara berlebihan, konsumsi makanan

Cara Mengatasi Gigi Kuning 

1. Scalling gigi

Scalling gigi merupakan perawatan rutin yang dilakukan saat dental check-up atau sebelum melakukan penambalan gigi. Tujuannya adalah untuk membersihkan seluruh permukaan gigi dengan alat khusus. Scaling bisa membantu menghilangkan noda hitam dan kotoran lain di permukaan gigi. Setelah perawatan scaling, sebagian dokter gigi akan menyikat gigi pasien dengan bahan abrasif untuk menghilangkan noda pada gigi.

2. Bleaching gigi

Setelah perawatan gigi dengan metode scaling, dokter gigi bisa melakukan pemutihan gigi dengan mengoleskan bahan khusus ke permukaan gigi, lalu menyinarinya dengan sinar laser.

3. Vaneer gigi

Vaneer gigi atau pembuatan mahkota gigi dapat menjadi alternatif perawatan untuk mengembalikan warna putih gigi. Pada perawatan ini, gigi akan dilapisi dengan bahan khusus yang akan membungkus gigi dan membuatnya tampak lebih putih. Sebelum prosedur ini dilakukan, ketebalan permukaan gigi akan dikurangi terlebih dahulu sekitar 1-2 mm. Setelah itu, dokter akan melapisi gigi dengan bahan tambalan atau mahkota gigi.

Mencegah Gigi Kuning 

  1. Menyikat gigi dengan benar, 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika ada makanan terselip, Anda bisa membersihkannya dengan benang gigi atau dental floss.
  2. Menyikat gigi dengan pasta gigi khusus yang bisa memutihkan gigi.
  3. Menghentikan kebiasaan merokok, serta mengurangi konsumsi teh, minuman beralkohol, dan minuman bersoda.
  4. Minum menggunakan sedotan, untuk mencegah minuman langsung mengenai permukaan gigi.
  5. Rutin berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang berwarna.

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed