oleh

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Pengapuran, Gejala dan Pencegahannya

Pengapuran Tulang diakibatkan menipisnya tulang rawan yang melapisi tulang-tulang persendian. Wanita beresiko lebih tinggi mengalami pengapuran tulang, terutama pada usia lanjut. Selain menipisnya tulang rawan, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu pengapuran tulang antara lain kenaikan berat badan, otot yang lemah, jenis olahraga yang ditekuni, cedera pada sendi dan genetik.

Pengapuran tulang biasanya ditandai dengan kaku sendi, radang pada sendi, nyeri sendi, mengalami kesulitan saat berjalan, cepat lelah, kesulitan saat berjongkok, mudah jatuh dan perubahan bentuk kaki. Rasa Nyeri pada tulang menjadi tanda yang mengganggu bagi sebagian besar orang karena sangat menghambat aktivitas.

Penanganan nyeri tulang pengapuran dibagi menjadi 2 hal yaitu jangka pendek dan jangka panjang, untuk jangka pendek dilakukan dengan mengkonsumsi obat dan injeksi kortikosteroid. Pengobatan jangka panjang dilakukan dengan mengurangi berat badan, menguatkan otot kaki, dan operasi.

Nyeri tulang karena pengapuran dapat diatasi dengan hal-hal berikut ini:

1. Mengurangi Berat Badan
Obesitas dapat memicu atau memperparah nyeri tulang pengapuran, untuk mengatasinya disarankan untuk mengurangi berat badan.

2. Olahraga
Olahraga secara teratur dapat membantu menguatkan otot-otot disekitar sendi yang mengalami pengapuran. Penderita nyeri tulang akibat pegapuran tidak disarankan melakukan olahraga yang membebani lutut.

3. Kompres
Mengkompres menggunakan air dingin dapat membantu  mengurangi bengkak serta peradangan. Anda juga bisa mengkompres menggunakan air hangat untuk meredakan rasa nyeri akibat pengapuran tulang.

4.  Obat Pereda Sakit
Anda bisa memanfaatkan obat pereda sakit untuk menghilangkan rasa nyeri, atau bisa memakai gel/krim untuk meredakan nyeri.

5. Menggunakan Alat Bantu
Pengapuran tulang yang serius menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas, untuk itu anda bisa memakai alat bantu untuk menunjang aktivitas anda.

 

Obat dan Terapi

Anda mungkin memerlukan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dapat diresepkan dokter. Selain itu bisa juga dengan terapi sebagai berikut :

1. Fisioterapi

Fisioterapi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bergerak, mengurangi rasa sakit, dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.

2. Terapi Okupasi

Terapi ini bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja mampu dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.

3. Sepatu khusus

Sepatu pasien akan diberi bantalan khusus yang mampu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

Selain itu, nyeri tulang pengapuran juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami, anda hanya membutuhkan 2-3 buah jeruk nipis, 2 sdm madu dan seujung sendok teh garam himalaya, dan air berikut cara pembuatannya :

1. Cuci bersih jeruk nipis kemudian dipotong-potong dan diperas airnya.
2. Masukkan perasan jeruk nipis kedalam gelas.
3. Tambahkan seujung sendok teh garam himalaya.
4. Tambahkan air hangat sebanyak 250-300ml.
5. Tunggu 3-5 menit.
6. Tambahkan 2 sdm madu, aduk hingga rata.

Anda dapat melihat video pembuatannya di

 

 

 

 

Sumber :
klik dokter dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed