oleh

Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut Kembung terjadi karena adanya udara atau gas yang berlebihan didalam lambung, akibatnya perut akan terasa penuh, tidak nyaman, bahkan pada beberapa orang dapat menyebabkan nyeri dan sesak.

Perut kembung disebabkan oleh berbagai faktor seperti maag, kekurangan enzim, masuk angin, makan terlalu cepat, tidur setelah makan, merokok, mengunyah permen karet, dan lain sebagainya.

Mengalami perut kembung tentunya membuat tubuh menjadi tidak nyaman, berikut ini tips untuk mengobati perut kembung yang dapat anda lakukan :

1. Perbaiki Cara Makan
Hindari makan terlalu cepat, biasakan untuk mengunyah makanan seacara lambat sampai halus, pastikan makanan benar-benar hancur agar tidak banyak gas yang ikut masuk kedalam lambung. Selain itu jangan biasakan minum pada saat makan hal ini akanĀ  membuta perut semakin kembung, biasakan untuk minum setelah selesai makan, selanjutntya pastikan untuk tidak tidur atau berbaring setelah makan agar makanan dapar dicerna dengan baik. Pada saat makan usahakan untuk tetap diam, jangan makan sambil berbicara.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Gas Di Lambung
makanan yang dapat meningkatkan gas dalam lambung diantaranya yaitu kacang-kacangan, brokoli, bawang, kubis, bunga kol, oisang, kismis, roti gandum, makanan berlemak, dan minuman bersoda.

3. Konsumsi Minuman Probiotik
Minuman probiotik adalah minuman yang didalamnya terdapat bakteri baik yang dapat membantu memecah makanan dan gas hidrogen yang diproduksi pada proses pencernaan.

4. Berhenti Merokok
Merokok menjadi salah satu penyebab perut menjadi kembung, karena pada saat merokok, orang akan menelan udara lebih banyak. Berhenti merokok dapat menghilangkan perut kembung, selain itu akan ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila anda berhenti merokok.

5. Olahraga
Olahraga menjadi salah satu kunci untuk hidup sehat, olahraga dapat membantu menjaga sistem pencernaan dalam kondisi yang baik. Lakukan olahraga secara teratur agar terhindar dari perut kembung.

6. Kompres Air Hangat
Pada saat mengalami perut kembung, anda bisa mengkompres perut dengan ait hangat, air dapat dimasukkan ke dalam botol kemudian ditempelkan pada perut, hal ini akan membuat otot-otot di saluran pencernaan menjadi relaks dan dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat perut kembung.

7. Konsumsi Rempah-rempah
Rembah-rempah memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh manusia, mengkonsumsi rempah-rempah saat perut kembung juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada perut, anda dapat mengkonsumsi jahe, jinten dan rempah-rempah lainnya.

8. Pijat
Pijat disekitar area perut untuk meringankan perut kembung, pemijatan dapat dilakukan menggunakan campuran rempah seperti bawang dan minyak kayu putih. Selain membuat relaks, hal ini juga akan membuat perut menjadi lebih hangat.

9. Minyak Kayu Putih atau Balsem
Pada saat mengalami perut kembung, anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau balsem pada perut untuk menghangatkan perut.

10. Menggunakan Obat Apotik
Apabila diperlukan anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan di pasaran untuk mengobati perut kembung.

Apabila setelah anda melakukan cara-cara diatas namun perut kembung tidak segera mereda, anda bisa segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:
Health dot kompas dot com
Alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed