oleh

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal wajar dan pasti terjadi pada semua orang, namun perlu diwaspadai jika rambut rontok secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kebotakan. Rambut yang rontok disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

1. Kurang asupan gizi

Asupan gizi yang kurang akan menyebabkan helai rambut tumbuh lebih tipis dan rapuh sehingga rambut menjadi rontok. Rambut mudah rontok karena kekurangan zat zink dan protein rambut, hal ini biasanya juga terjadi pada seseorang yang sedang menjalani diet ekstrim.

2. Perubahan hormon

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan gangguan tiroid.

3. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan yang sering anda konsumsi juga dapat menyebabkan rambut rontok, seperti obat depresi, gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Pengaruh psikologis

Kondisi psikologis seperti stress, depresi dan tekanan fisik yang berat juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut. Namun, kerontokan karena kondisi psikologis tidak samapai orang yang mengalaminya menjadi botak dan bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Lidah buaya

Vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalam dalam lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan dalam aloe vera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Santan

Kamu juga bisa menggunakan santan untuk membuat rambutmu halus dan mudah diatur, sehingga tidak rontok ketika disisir. Caranya oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

4. Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Cukup oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: halodoc dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed