oleh

Cara Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori besar bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti produksi minyak berlebih pada wajah dan elastisitas kulit yang menurun.  Pori-pori yang besar pada wajah juga disebabkan karena lingkungan dan gaya hidup yang tidak baik. Beberapa penyebab lainnya adalah karena faktor genetik, fluktuasi hormon, paparan sinar matahari berlebihan, pertambahan usia, terlalu sering mencuci muka, jenis kelamin dan gaya hidup. Mengecilkan pori-pori secara alami adalah pilihan yang tepat agar aman dan hemat. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah :

1. Membersihkan wajah dengan rutin, bersihkan wajah anda saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan bersifat non-comedogenic.

2. Gunakan pelembab, pastikan kulit tetap lembab. Selalu gunakan pelembab setelah mencuci wajah. Sesuaikan pelembab dengan jenis kulit anda. Jika anda memiliki kulit berminyak, maka sebaiknya pilih pelembab yang ringan dan berbahan dasar air.

3. Menggunakan tabir surya, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Gunakan minimal SPF30 atau lebih. Jika kulit terlalu sering dan terlalu lama terpapar, elastisitas kan berkurang dan pori-pori semakiin membesar.

4. Eksfoliasi wajah, adalah salah satu cara mengecilkan pori-pori. Eksfoliasi efektif untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori yang membuatnya lebih terlihat besar. Lakukan cara ini minimal 1-2 kali seminggu. Namun, eksfoliasi bisa membuat kulit anda terlihat kering, jadi gunakan pelembab setelah anda melakukan eksfoliasi.

5. Menggunakan masker tanah liat, masker ini dapat membantu mengangkat minyak dan sel kulit mati. Gunakan masker ini 1-2 kali dalam seminggu.

6. Mengonsumsi makanan sehat, anda perlu mengimbangi perawatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang tinggi lemak dan minyak. Konsumsi makanan yang mengandung kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

7. Konsumsi air putih yang cukup, minum minimal 2 liter per hari. Banyak minum air putih akan membantu kulit terhidrasi dan lebih lembab dari dalam. Selain itu juga dapat membantu mengurangi racun dalam pori-pori sehingga akan mencegah pembesaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dan sehatq

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed