oleh

Jerawat- Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang sering terjadi, baik pada laki-laki maupun perempuan. Jerawat memang tidak berbahaya namun, keberadaaannya sangat mengganggu penampilan sehingga menyebabkan kurangnya kepercayaan diri.

Penyebab

  1. produksi sebum (zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering) berlebih.
  2. folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  3. bakteri Propionibacterium acnes
  4. faktor genetik
  5. hormon
  6. penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit
  7. stres dan gaya hidup

Beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk Menghilangkan jerawat :

1. Gunakan pembersih wajah khusus jerawat
Membersihkan wajah adalah hal yang penting dilakukan dalam perawatan wajah. Apabila wajah dalam keadaan berjerawat gunakan pembersih wajah yang dapat membantu menghilankan jerawat, cuci wajah maksimal 2 kali sehari, mencuci wajah lebih dari 2 kali dalam sehari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

2.Hindari Memencet Jerawat
Ketika jerawat muncul, selalu ada keinginan untuk memencet jerawat agar cepat hilang, namun ternyata cara ini tidak dibenarkan, memencet jerawat dapat menimbulkan iritasi yang akan membuat jerawat semakin parah dan akan menimbulkan bekas jerawat.

3. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor
Tanpa disadari kita sering menyentuh wajah dengan keadaan tangan yang masih kotor, hal ini dapat menyebabkan kuman yang ada ditangan berpindah ke wajah, sehingga dapat memicu pertumbuhan jerawat.

4. Hindari Terik Matahari
Pastikan untuk selalu memakai tabir surya ketika beraktivitas diluar ruangan, hal ini dapat menurunkan resiko bekas jerawat yang memburuk.

5.Gunakan Masker Wajah
Kamu bisa menggunakan masker wajah untuk membantu menghilangkan jerawat, baik masker kimia maupun masker dari bahan-bahan alami.  Kamu dapat coba tips masker wajah alami berikut :

Masker Alpukat dan Madu
Siapkan Alpukat dan Madu secukupnya, campur kedua bahan kemudian haluskan, gunakan seacara rutin untuk hasil yang maksimal.
Masker Madu dan Yogurt
Campurkan 2 sdm yogurt dengan 1 sdm madu dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.
Masker Tomat
Ambil 1 buah tomat kemudian haluskan, aplikasikan ke wajah selama 10-15 menit kemudian bersihkan.
Masker Timun
Haluskan 1 buah timun atau secukupnya saja, oleshkan pada wajah, tunggu hingga 15 menit sampai meresap, bersihkan wajah dengan air.
Minyak Zaitun
Ambil minyak zaitun kemudian oles pada wajah yang berjerawat, diamkan antara 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Rawat wajah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, untuk pemakaian produk-produk kecantikan perhatikan kembali komposisi bahan yang digunakan. Apabila diperlukan bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan jenis perawatan dan produk-produk yang dapat membantu menghilangkan jerawat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed