oleh

Lidah Berwarna Putih – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lidah berwarna putih biasanya tidak berbahaya, namun bisa juga menjadi indikasi atau gejala suatu penyakit. Lidah berwarna putih bisa muncul saat tubuh kekurangan cairan, sariawan atau saat mulut kering.

Lidah merupakan organ pada manusia yang berfungsi sebagai indra pengecap. Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda atau pink yang ditutupi oleh bintil-bintil kecil yang biasa disebut papila.

Lidah putih muncil akibat permukaan lidah pada papila mengalami pertumbuhan yang berlebih atau terjadi pembengkakan. Warna putih pada lidah muncul akibat sisa makanan, bakteri, serta sel-sel mati yang tersangkut di antara papila yang membesar dan meradang.

Penyebab Lidah Putih

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan lidah berwarna putih, diantaranya :

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan lidah berwarna putih. Dehidarasi terjadi akibat cairan yang keluar lebih banyak daripada cairan yang masuk pda tubuh.

Dehidrasi bisa terjadi karena kekurangan air putih, diare, mutah, terlalu banyak keluar keringat atau karena penyakit diabetes.

  • Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia disebabkan karena kelenjar ludah pada mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk membuat mulut tetap basah. Mulut kering ini bisa disebut sebagai penyebab lidah berwarna putih.

Sariawan disebabkan oleh infeksi jamur oleh ragi candida. Sariawan oral menyebabkan bercak putih yang mengembang pada mulut, biasanya akan mengakibatkan rasa sakit saat makan maupun minum, Karena peradangan pada mulut ini yang menyebabkan lidah berwarna putih.

Leukoplakia merupakan kondisi dimana timbul bercak-bercak putih didalam mulut, termasuk lidah. Bercak putih timbul akibat terlalu banyak protein keratin dan sel di dalam mulut. Leukoplakia terjadi karena lidah mengalami iritasi, biasanya lebih sering di temukan pada perokok, dan pada mereka yang mengonsumsi banyak alkohol.

  • Sifilis

Sifilis merupakan penyakit akibat hubungan seksual yang menular, biasanya terjadi ketika melakukan hubungan seksual melalui mulut. Ini yang menyebabkan lidah berwarna putih akibat terinfeksi bakteri.

Cara mengatasi lidah putih

Membersihkan lidah merupakan cara yang paling mudah. Mengerik lidah secara lembut dari arah belakang ke depan bermanfaat untuk mengurangi dan menghilangkan bakteri dan kotoran yang mengendap dimulut.

Segera periksakan ke dokter jika lidah putih berlangsung lebih dari 2 minggu.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed