oleh

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Kandungan alpukat yang sejauh ini telah diketahui adalah kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan lemak dan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan, karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik. Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan yang wajib diketahui :

1. Baik untuk kesehatan jantung dan menjaga berat badan

Konsumsi alpukat baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Selain itu mereka yang mengonsumsi buah ini biasanya memiliki pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks masa tubuh.

2. Menurunkan kolesterol jahat 

konsumsi alpukat disertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Baik untuk penderita osteoarthtritis

Buah alpukat yang diekstrak dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) kemungkinan memiliki manfaat bagi penderita osteoarthtritis. Produk tersebut diklaim mampu mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak baik bagi penderita osteoarthritis.

4. Baik bagi ibu hamil

Alpukat kaya akan folat, buah ini dianggap baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil, khususnya membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan.

5. Mengurangi risiko kanker 

Ekstrak alpukat yang tinggi antioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker prostat dan kanker mulut.

6. Bagus untuk mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata, seperti katarak, dan meminimalkan risiko terjadinya degenerasi makula terkait pertambahan usia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: alodokter dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed