oleh

Manfaat kapulaga untuk kesehatan

Kapulaga biasanya dimanfaatkan utnuk bumbu dapar penambah cita rasa masakan. Namun tahukan Anda jika kapulaga juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita ?

Di dunia kesehatan, kapulaga diolah menjadi berbagai produk kesehatan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Kapulaga bisa diolah menjadi bubuk, suplemen, minyak esensial, teh, hingga jamu.

Manfaat kalupaga untuk kesehatan

1. Mengurangi Stres

kapulaga bersifat antidepresan yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala stres atau depresi serta meremajakan sel tubuh.

Teh kapulaga dan minyak esensialnya inilah yang bermanfaat untuk mengurangi depresi. Minum teh kapulaga dan menghirup aroma minyak esensial nya bisa memberikan efek menenangkan sehingga ampuh digunakan untuk mengurangi stres.

2. Melancarkan pencernaan

Kapulaga mengandung serat yang tinggi sehingga dikenal sebagai rempah yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Setiap satu sendok kalulaga mengandung 2 gr serat baik. Kandungan serat ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi sembelit, nyeri perut, kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

3. Mencegah infeksi

Ekstrak kapulaga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri. Sehingga ampuh untuk melawan berbagai virus yang disebabkan oleh jamur serta bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi pada tubuh.

4. Meredakan nyeri dan peradangan

Delain bersifat antibakteri kapulaga juga memiliki sifat analgesik ( pereda nyeri) dan antiinflamasi ( menngurangi peradangan ) .

Kapulaga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi, gusi bengkak, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, dan berbagai penyakit sejenis.

5. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kapulaga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Rutin mengonsumsi kapulaga dapat terhindar dari bahaya osteoporosis.

6. Manfaat kapulaga untuk ginjal dan saluran kencing

Kapulaga juga memiliki senyawa yang bersifat diuretik. Yaitu senyawa yang berguna untuk menambah kecepatan pembentukan urin. Kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga dan mengobati ginjal serta saluran kemih.

7. Hipertensi

Pemberian bubuk kapulaga 3 gr perhari selama beberapa waktu dapat menurunkan tekanan darah hingga mencapai batas normal.

8. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan anti bakteri dan antiinflamasi pada kapulaga bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan mulut

Senyawa-senyawa tersebut menjaga kesehatan mulut dengan melawan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mulut.

 

 

 

sumber : 99 dot co

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed