oleh

Mengalami Luka Bakar ? – Berikut Cara Mengatasinya

Luka bakar yang tidak segera ditangani akan menimbulkan bekas pada kulit dan rasa terbakar setelah terkena barang panas. Ternyata banyak sekali bahan-bahan alami yang mudah kita temukan di rumah untuk bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau meringankan luka akibat terbakar.

Tak jarang ketika memasak sering kali kita menyenggol wajan panas atau terciprat minyak panas dari wajan. Bahkan kadang kita terkena tumpahan air panas yang tak sengaja tersenggol.Jika tidak  segera ditangani luka bakar ini bisa mengakibatkan melepuh pada kulit.

Nah, berikut bahan-bahan alami yang efektif dan mudah kamu temukan di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar.

1.Madu

Madu merupakan obat luka bakar alami yang banyak di rekomendasikan. Efektivitas madu dalam mengatasi luka bakar cukup tinggi.Fungsinya untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami yang efektif untuk mengeobati luka bakar karena adanya kandungan antiradang pada lidah buaya itu sendiri. Zat antiradang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah, meminimalisir peradangan, dan menghambat perkembangan bakteri pada luka.

3. Air mengalir

Ketika terkena luka bakar ringan segeralah aliri air mengalir selama kurang lebih 20 menit. Air mengalir dapat mengurangi efek peradangan pada luka dan mencegah agar luka tidak melepuh.

4. Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang cukup tinggi. Asam tanat ini mampu menghilangkat efek panas dari luka bakar dan mengurangi rasa sakit.

 

5. Susu

Susu dan yoghurt penuh lemak bisa digunakan untuk meminimalisir luka dan melembabkan kulit kering yang terbakar.

6.Gandum

Gandum dapat mengurangi peradangan akibat luka bakar dan mampu meresakan rasa sakit. Cara nya mudah, hanya dengan mencampur gandum dengan air lalu aduk hingga halus. Gunakan larutan gandum yang agak kental ini  untuk dioleskan pada luka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber :

www dot 99 dot co

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed