oleh

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Kentut

Bila perut terasa kembung namun tidak mampu membuang gas yang menumpuk di perut menyebabkan perut tidak nyaman. Buang gas merupakan proses biologis yang normal pada manuasia. Kentut terjadi karena saluran cerna harus mengeluarkan udara yang tertelan ketika makan dan minum. Disisi lain kentut juga berguna untuk membuang gas yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus besar.

Apa saja yang menyebabkan seseorang susah kentut ?

1.Perut Kembung

Perut kembung terjadi akibat penumpukan gas di saluran cerna yang sulit dikeluarkan. Kondisi ini terjadi ketika terlalu banyak makan, makan terlalu cepat atau mengonsumsi makanan yang berlemak.

2.Konstipasi

Konstipasi merupakan kondisiĀ  sulit buang air besar secara teratur, dan ini merupakan salah satu penyebab susah kentut yang paling sering terjadi.

3. Obstruksi Usus

Obstruksi merupakan sumbatan pada saluran pencernaan usus yang disebabkan feses yang keras, benda asing yang tertelan, tumor atau kanker. Obstruksi usus dapat menyebabkan susah kentut yang diikuti gejala lain seperti kram perut, mual, muntah, diare, dan perut kembung.

4. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu atau apenditis disebabkan karena adanya penyumbatan pada usu buntu, sehingga meradang dan membengkak. Hal ini dapat menyebabkan sesorang menjadi susah kentut.

Cara Mengatasi

Untuk menangani susah kentut adalah dengan menjalankan pola makan sehat dengan asupan makanan berserat dan hindari makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti roti, sereal, pasta, sayur, dan buah-buahan tertentu seperti brokoli, asparagus, bawang, kubis, apel dan pir. Hal ini dikarenakan konsumsi makanan tersebut dapat membuat saluran cerna menghasilkan gas lebih banyak, sehingga perut akan terasa kembung dan sakit.

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed