oleh

Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan rangkaian gerakan dengan tempo cepat yang bertujuan meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh. Sehingga proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh meningkat dan berat badan menurun. Olahraga aerobik adalah segala aktivitas yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori, memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung. Manfaat senam aerobik untuk tubuh sangatlah banyak salah satunya menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan jantung.

Manfaat Senam Aerobik 

1. Menjaga kesehatan jantung

Dengan senam aerobik napas dan jantung berdetak lebih cepat, sehingga akan memperkuat otot jantung dan kerja jantung memompa darah lebih efisien serta dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

2. Meningkatkan stamina

Anda akan merasa cepat lelah saat baru memulai senam aerobik, namun jika dilakukan secara rutin akan membantu meningktkan stamina anda sehingga tidak mudah lelah.

3. Memperbaiki suasana hati

Gerakan-gerakan dari senam aerobik akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin sebagai hormon pereda nyeri alami, meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa bahagia.

4. Menurunkan berat badan

Senam aerobik jika dilakukan secara rutin, disertai pola makan yang sehat akan membantu menurunkan berat badan. Lakukan senam setidaknya 150 menit setiap minggu.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Senam aerobik juga dapat mencegah terjadi penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis. Sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan kadar kolesterol jahat (LDL).

6. Mencegah berbagai penyakit

Senam aerobik, jika dilakukan secara rutin akan membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kadar gula darah. Sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis seperti, jantung koroner, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, osteoporosis dan kanker.

7. Meningkatkan kemampuan kognitif

Senam aerobik juga baik bagi kesehatan mental, jika dilakukan secara rutin akan dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia, sehingga dapat mencegah kepikunan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan senam aerobik, seperti :

  1. frekuensi dan intensitas, akan lebih baik jika senam dilakukan dalam durasi singkat namun dengan frekuensi sering. Anda bisa menjadikan senam aerobik sebagai bagian dari keseharian dan gaya hidup.
  2. pemanasan dan pendinginan,  melakukan peregangan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya akan dapat mengurangi risiko cedera saat senam. Anda bisa bergabung dengan pusat kebugaran agar gerakan lebih terarah dan mendapatkan arahan dari instruktur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed